Validitas dan Efektifitas Modul Pembelajaran Kimia Terintegrasi STEM-PBL Topik Pakan Jeroan Ikan Untuk Ikan Lele dan Topik Lain Pada Mata Kuliah Kewirausahaan

Rahma Zuriyatina, K Anom W, Diah Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan modul pembelajaran kimia yang berjudul pakan jeroan ikan untuk pertumbuhan ikan lele terintegrasi STEM-PBL yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dan dievaluasi dengan menggunakan metode evaluasi formatif Tessmer. Tahapan evaluasi formatif Tessmer dalam penelitian ini meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, dan small group. Hasil tahapan expert review memperoleh skor rata-rata kevalidan sebesar 0,81 skala Aiken dengan kategori kevalidan tinggi. Hasil skor akhir kepraktisan pada uji one-to-one sebesar 0,91 skala Aiken (kepraktisan tinggi) dan small group 0,81 skala Aiken (kepraktisan tinggi). Hasil tahapan field test menunjukan skor akhir n-gain adalah sebesar 0,796 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia terintegrasi STEM-PBL telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif yang dapat digunakan dalam pembelajaran mata kuliah kewirausahaan.

Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Modul Pembelajaran
Kimia, STEM-PBL, Pakan Jeroan Ikan Untuk
Pertumbuhan Ikan Lele.

Keywords


Penelitian Pengembangan, Modul Pembelajaran Kimia, STEM-PBL, Pakan Jeroan Ikan Untuk Pertumbuhan Ikan Lele.

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. (1985). Content Validity and ‎Reability of Single Item or ‎Questionnaires. Educational and ‎Psychological Measurment. ‎http://cuadernodebitacoradepsicologia.wikispace.com/file/view/val_continendo_aiken.pdf .diakses 15 Januari 2018.

Budiono, E & H. Susanto, (2006). Penyusunan ‎dan Penggunaan Modul Pembelajaran ‎Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi ‎Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif ‎Untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana ‎Pada Kelas X Semester I SMA. Jurnal ‎Pend. Fisika Indonesia. 4(2) 79--‎‎87

Anwar, I. (2010). Pengembangan ‎Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. ‎Bandung: Direktori UPI.‎

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan ‎Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Manajemen ‎Dikdasmen SMA.‎

Desni, N.W., M. Sihaloho, & M. Pikoli. ‎‎(2019). Studi Komparasi Kemampuan ‎Berpikir Kritis Siswa Menggunakan ‎Model Pembelajaran Problem Based ‎Learning dan Discovery Learning Pada ‎Materi Larutan Penyangga di Kelas XI ‎SMA Negeri 1 Telaga. Jambura ‎Journal of Educational Chemistry,1(2) ‎‎63--68‎

Dischino, M., James A. D., & Judith Donnelly. ‎‎(2011). Incrasing the STEM Pipeline ‎Through Problem-Based Learning. ‎Proceedings LAJC-ASEE International ‎Research.‎

Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & ‎Suhery, T. (2017). Integrasi Problem ‎Based Learning dalam STEM Education ‎Berorientasi pada Aktualisasi Literasi ‎Lingkungan dan Kreativitas. Prosiding ‎Seminar Nasional “STEM untuk ‎Pembelajaran SAINS Abad 21”, 198-206.‎

Firman, H; (2017), STEM untuk Pembelajaran ‎kimia Abad ke-21, Seminar Nasional IPA.‎

Hake, R. (1998). Interactive-Engagement ‎Versus Traditional Methods: A Six ‎Thousand-Student Survey Of Mechanics ‎Test Data For Introductory Physics ‎Courses. American Journal Physics, 66, ‎‎64-74.‎

Marlisyah, S, K. Anom W. & Made ‎Sukaryawan, (2018). Pengembangan ‎Modul Kimia Muatan Lokal Valid dan ‎Praktis Tentang Pakan Ampas Tahu ‎Terfermentasi untuk Pertumbuhan Ikan ‎Patin Berbasis STEM-PBL Jurnal Eksakta ‎Pendidikan 2(2) 178-185‎

Riduwan. (2015). Dasar – Dasar Statistika. ‎Bandung: CV. Alfabeta

Roberts, A. (2012). A Justification for STEM ‎Education

Sismawarni, W.U.D., Usman, N. Hamid, & ‎Pintaka K., (2020). Pengaruh Penggunaan ‎Isu Sosiosaintifik dalam Model ‎Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap ‎Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi ‎Siswa. Jambura Journal of Educational ‎Chemistry,2(1) 10—17.‎

Tessmer, M. (1998). Planning and Conducting ‎Formative Evaluations Improving The ‎Quality of Education and Training. ‎London: Kogan




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i2.4045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS