Validitas dan Efektifitas Modul Pembelajaran Kimia Terintegrasi STEM-PBL Topik Pakan Jeroan Ikan Untuk Ikan Lele dan Topik Lain Pada Mata Kuliah Kewirausahaan
Abstract
Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Modul Pembelajaran
Kimia, STEM-PBL, Pakan Jeroan Ikan Untuk
Pertumbuhan Ikan Lele.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aiken, L. R. (1985). Content Validity and Reability of Single Item or Questionnaires. Educational and Psychological Measurment. http://cuadernodebitacoradepsicologia.wikispace.com/file/view/val_continendo_aiken.pdf .diakses 15 Januari 2018.
Budiono, E & H. Susanto, (2006). Penyusunan dan Penggunaan Modul Pembelajaran Berdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi Sub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif Untuk Soal-Soal Dinamika Sederhana Pada Kelas X Semester I SMA. Jurnal Pend. Fisika Indonesia. 4(2) 79--87
Anwar, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Bandung: Direktori UPI.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Manajemen Dikdasmen SMA.
Desni, N.W., M. Sihaloho, & M. Pikoli. (2019). Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI SMA Negeri 1 Telaga. Jambura Journal of Educational Chemistry,1(2) 63--68
Dischino, M., James A. D., & Judith Donnelly. (2011). Incrasing the STEM Pipeline Through Problem-Based Learning. Proceedings LAJC-ASEE International Research.
Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2017). Integrasi Problem Based Learning dalam STEM Education Berorientasi pada Aktualisasi Literasi Lingkungan dan Kreativitas. Prosiding Seminar Nasional “STEM untuk Pembelajaran SAINS Abad 21”, 198-206.
Firman, H; (2017), STEM untuk Pembelajaran kimia Abad ke-21, Seminar Nasional IPA.
Hake, R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal Physics, 66, 64-74.
Marlisyah, S, K. Anom W. & Made Sukaryawan, (2018). Pengembangan Modul Kimia Muatan Lokal Valid dan Praktis Tentang Pakan Ampas Tahu Terfermentasi untuk Pertumbuhan Ikan Patin Berbasis STEM-PBL Jurnal Eksakta Pendidikan 2(2) 178-185
Riduwan. (2015). Dasar – Dasar Statistika. Bandung: CV. Alfabeta
Roberts, A. (2012). A Justification for STEM Education
Sismawarni, W.U.D., Usman, N. Hamid, & Pintaka K., (2020). Pengaruh Penggunaan Isu Sosiosaintifik dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Jambura Journal of Educational Chemistry,2(1) 10—17.
Tessmer, M. (1998). Planning and Conducting Formative Evaluations Improving The Quality of Education and Training. London: Kogan
DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i2.4045
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
|
E-mail: jjec@ung.ac.id |
|
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |