Validitas dan Efektifitas Modul Pembelajaran Kimia Terintegrasi STEM-PBL Topik Pakan Jeroan Ikan Untuk Ikan Lele dan Topik Lain Pada Mata Kuliah Kewirausahaan

Rahma Zuriyatina, K Anom W, Diah Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan modul pembelajaran kimia yang berjudul pakan jeroan ikan untuk pertumbuhan ikan lele terintegrasi STEM-PBL yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dan dievaluasi dengan menggunakan metode evaluasi formatif Tessmer. Tahapan evaluasi formatif Tessmer dalam penelitian ini meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, dan small group. Hasil tahapan expert review memperoleh skor rata-rata kevalidan sebesar 0,81 skala Aiken dengan kategori kevalidan tinggi. Hasil skor akhir kepraktisan pada uji one-to-one sebesar 0,91 skala Aiken (kepraktisan tinggi) dan small group 0,81 skala Aiken (kepraktisan tinggi). Hasil tahapan field test menunjukan skor akhir n-gain adalah sebesar 0,796 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran kimia terintegrasi STEM-PBL telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif yang dapat digunakan dalam pembelajaran mata kuliah kewirausahaan.

Kata kunci: Penelitian Pengembangan, Modul Pembelajaran
Kimia, STEM-PBL, Pakan Jeroan Ikan Untuk
Pertumbuhan Ikan Lele.

Keywords


Penelitian Pengembangan, Modul Pembelajaran Kimia, STEM-PBL, Pakan Jeroan Ikan Untuk Pertumbuhan Ikan Lele.

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. (1985). Content Validity and "ŽReability of Single Item or "ŽQuestionnaires. Educational and "ŽPsychological Measurment. "Žhttp://cuadernodebitacoradepsicologia.wikispace.com/file/view/val_continendo_aiken.pdf .diakses 15 Januari 2018.

Budiono, E & H. Susanto, (2006). Penyusunan "Ždan Penggunaan Modul Pembelajaran "ŽBerdasar Kurikulum Berbasis Kompetensi "ŽSub Pokok Bahasan Analisa Kuantitatif "ŽUntuk Soal-Soal Dinamika Sederhana "ŽPada Kelas X Semester I SMA. Jurnal "ŽPend. Fisika Indonesia. 4(2) 79--"Ž"Ž87

Anwar, I. (2010). Pengembangan "ŽBahan Ajar. Bahan Kuliah Online. "ŽBandung: Direktori UPI."Ž

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan "ŽBahan Ajar. Jakarta: Dirjen Manajemen "ŽDikdasmen SMA."Ž

Desni, N.W., M. Sihaloho, & M. Pikoli. "Ž"Ž(2019). Studi Komparasi Kemampuan "ŽBerpikir Kritis Siswa Menggunakan "ŽModel Pembelajaran Problem Based "ŽLearning dan Discovery Learning Pada "ŽMateri Larutan Penyangga di Kelas XI "ŽSMA Negeri 1 Telaga. Jambura "ŽJournal of Educational Chemistry,1(2) "Ž"Ž63--68"Ž

Dischino, M., James A. D., & Judith Donnelly. "Ž"Ž(2011). Incrasing the STEM Pipeline "ŽThrough Problem-Based Learning. "ŽProceedings LAJC-ASEE International "ŽResearch."Ž

Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & "ŽSuhery, T. (2017). Integrasi Problem "ŽBased Learning dalam STEM Education "ŽBerorientasi pada Aktualisasi Literasi "ŽLingkungan dan Kreativitas. Prosiding "ŽSeminar Nasional "STEM untuk "ŽPembelajaran SAINS Abad 21", 198-206."Ž

Firman, H; (2017), STEM untuk Pembelajaran "Žkimia Abad ke-21, Seminar Nasional IPA."Ž

Hake, R. (1998). Interactive-Engagement "ŽVersus Traditional Methods: A Six "ŽThousand-Student Survey Of Mechanics "ŽTest Data For Introductory Physics "ŽCourses. American Journal Physics, 66, "Ž"Ž64-74."Ž

Marlisyah, S, K. Anom W. & Made "ŽSukaryawan, (2018). Pengembangan "ŽModul Kimia Muatan Lokal Valid dan "ŽPraktis Tentang Pakan Ampas Tahu "ŽTerfermentasi untuk Pertumbuhan Ikan "ŽPatin Berbasis STEM-PBL Jurnal Eksakta "ŽPendidikan 2(2) 178-185"Ž

Riduwan. (2015). Dasar - Dasar Statistika. "ŽBandung: CV. Alfabeta

Roberts, A. (2012). A Justification for STEM "ŽEducation

Sismawarni, W.U.D., Usman, N. Hamid, & "ŽPintaka K., (2020). Pengaruh Penggunaan "ŽIsu Sosiosaintifik dalam Model "ŽPembelajaran Berbasis Masalah Terhadap "ŽKeterampilan Berpikir Tingkat Tinggi "ŽSiswa. Jambura Journal of Educational "ŽChemistry,2(1) 10"”17."Ž

Tessmer, M. (1998). Planning and Conducting "ŽFormative Evaluations Improving The "ŽQuality of Education and Training. "ŽLondon: Kogan




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i2.4045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS