Implementasi Kecerdasan Emosional dan Minat Siswa pada Pembelajaran Kimia

Dewi Kurnia Sari, Siti Suryaningsih, Luki Yunita

Abstract


Kimia merupakan pelajaran sulit karena memiliki konsep yang bersifat abstrak. Akibatnya siswa mengalami kesulitan belajar kimia sehingga hasil belajarnya rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi dan kontribusi dari kecerdasan emosional dan minat siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian berlokasi di dua SMAN Kota Tangerang dengan populasi seluruh kelas X dan 300 siswa sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket kecerdasan emosional dan minat serta nilai ujian akhir semester 1 untuk data hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kecerdasan emosional dan minat memiliki korelasi dengan hasil belajar, 2) kecerdasan emosional dan minat memiliki kontribusi pada hasil belajar siswa sebesar 8,94%. Kesimpulannya kecerdasan emosional dan minat berperan dalam meningkatkan pemusatan perhatian siswa pada saat mata pelajaran kimia berlangsung.

Keywords


Hasil Belajar, Kecerdasan Emosional, Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Kimia, Minat

Full Text:

PDF

References


Akram, T., Ijaz, A., & Ikram, H. (2017). "ŽExploring the Factors Responsible for "ŽDeclaining Student's Interest in "ŽChemistry. International Journal of "ŽInformation and Education Technology, "Ž"Ž7(2), 88-94. https://doi.org/10 18178/ijiet "Ž"Ž2017 7 2 847"Ž

Anthony, O. O., Shabaan, H. M., Nassor, S. M., "Ž& Anthony, O. O. (2019). A Study of "ŽPerformance in Chemistry among Lower "ŽSecondary Government Schools in "ŽZanzibar, 7(2), 221-236."Ž

Arlianty, W. N. (2017). An analysis of interest "Žin students learning of physical chemistry "Žexperiment using Scientific approach. In "ŽInternational Journal of Science and "ŽApplied Science: Conference Series (Vol. "Ž"Ž1, pp. 109-116). "Žhttps://doi.org/https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i2.5 130"Ž

Delmang, T., & Gongdeng, E. (2016). "ŽAmeliorating Sudent's Performance and "ŽAttitude towards Chemistry through "ŽChemistry Problem-Solving Techniques "Ž"Ž(CPST). International Journal of "ŽScientific Research in Education (IJSRE), "Ž"Ž9(2), 41-47."Ž

Djaali. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: "ŽBumi Aksara. "Žhttps://doi.org/10.4018/978-1-4666-4530-"Ž"Ž1.ch016"Ž

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. "ŽJakarta: PT. Rineka Cipta."Ž

Ebinagbome, M. E., & Nizam, D. I. (2016). The "ŽImpact of Emotional Intelligence on "ŽStudent's Academic Performance: "ŽInternational Journal of Accounting and "ŽBusiness Management, 4(1), 10-18. "Žhttps://doi.org/10.24924/ijabm/2016.04/v"Ž4.iss1/10.18"Ž

Fatmawati, N., Rizmahardian, & Kurniati, T. "Ž"Ž(2019). Analisis Kesulitan Belajar "ŽBerdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas X "ŽIPA pada Mata Pelajaran Kimia di MAS "ŽAl-Mustaqim Arang Limbung. Ar-Razi "ŽJurnal Ilmiah, 7(1), 65-72."Ž

Flavian, H. (2016). Towards teaching and "Žbeyond: Strengthening education by "Žunderstanding students' self-awareness "Ždevelopment. Power and Education, 8(1), "Ž"Ž88-100. "Žhttps://doi.org/https://doi.org/10.1177/175"Ž"Ž774381562 4118"Ž

Goleman, D. (2007). Kecerdasan Emosional. "Ž"Ž(T. Hermaya, Ed.). Jakarta: PT. Gramedia "ŽPustaka Utama."Ž

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh kecerdasan "Žemosional dan minat belajar terhadap "Žpenguasaan konsep matematika siswa "ŽSMAN di kecamatan Kebon Jeruk. "ŽFormatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan "ŽMIPA, 5(1)."Ž

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. "ŽJakarta: PT. Raja Grafindo Persada."Ž

Munandar, H. (2017). Hubungan Kecerdasan "ŽEmosional dengan Hasil Belajar Siswa "ŽKelas XI IPA SMA Negeri di Kota "ŽParepare pada Mata Pelajaran Kimia The "ŽCorrelation between Emotional "ŽIntelligence with Learning Result of "ŽGrade XI IPA Students at SMAN in "ŽParepare on Chemical Subjec, 18(1), 39-"Ž"Ž47."Ž

Nursiyono, J. A. (2016). Kompas Teknik "ŽPengambilan Sampel. Bogor: IN MEDIA."Ž

Omwirhiren, E. M., & Anderson, F. E. (2016). "ŽEffect of Class Size and Students' "ŽAttitude on Academic Performance in "ŽChemistry at Demonstration Secondary "ŽSchool, Ahmadu Bello University Zaria, "ŽNigeria. IOSR Journal of Research & "ŽMethod in Education, 6(1), 1-6. "Žhttps://doi.org/10.9790/7388-06120106"Ž

Pratama, A. T., & Corebima, A. D. (2016). "ŽContribution Emotional Intelligence on "ŽCognitive Learning Result of Biology of "ŽSenior High School Students in Medan, "ŽIndonesia. International Journal of "ŽEnvironmental7 Science Education, "Ž"Ž11(15), 8077-8087."Ž

Purwanto, N. (2012). Prinsip-Prinsip dan "ŽTeknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: "ŽPT. Remaja Rosdakarya."Ž

Rahmawati, K. P., Djaja, S., & Suyadi, B. "Ž"Ž(2018). Pengaruh Minat Belajar Dan "ŽKecerdasan Emosional Terhadap Prestasi "ŽBelajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 "ŽPrajekan Kabupaten Bondowoso Tahun "ŽAjaran 2016/2017. JURNAL "ŽPENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah "ŽIlmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu "ŽSosial, 11(2), 61-68. "Žhttps://doi.org/https://doi.org/10.19184/jpe"Ž.v11i2.6448"Ž

Rambe, N. A. P., Hasanah, U., & Chairunnisa, "ŽN. (2017). Hubungan Kecerdasan "ŽEmosional Dengan Hasil Belajar Anak "ŽUsia Dini, 6(2), 90-94."Ž

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis "Žkesulitan belajar kimia siswa di SMAN X "ŽKota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian "ŽDan Pembelajaran IPA, 2(1), 18-29. "Žhttps://doi.org/https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.431"Ž

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). "ŽHubungan Minat Belajar Siswa dengan "ŽPrestasi Belajar Siswa Pada Mata "ŽPelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat "ŽKarai dan SMA Negeri 1 Kabupaten "ŽKepahiang, 2(1), 78-81."Ž

Saputra, S. (2017). Hubungan Regulasi Emosi "Ždengan Hasil Belajar Siswa. Konselor, "Ž"Ž6(3), 96-100. "Žhttps://doi.org/https://doi.org/10.24036/02"Ž"Ž017637698-0-00"Ž

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan "Žkebiasaan belajar siswa terhadap prestasi "Žbelajar matematika. Formatif: Jurnal "ŽIlmiah Pendidikan MIPA, 2(2). "Žhttps://doi.org/https://doi.org/10.30998/for"Žmatif.v2i2.93"Ž

Suralaga, F., & Solicha. (2010). Psikologi "ŽPendidikan. Jakarta: Lembaga Penelitian "ŽUIN Syarif Hidayatullah Jakarta."Ž

Sutisna, T., Yusmansyah, & Andriyanto, R. E. "Ž"Ž(2018). Meningkatkan Kecerdasan Emosi "ŽDengan Menggunakan Konseling Client "ŽCentered, (1), 1-14."Ž

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan "ŽPeran Guru Dalam Proses Pembelajaran "ŽTerhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal "ŽGentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181-"Ž"Ž202."Ž

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan dengan "ŽPendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja "ŽRosdakarya."Ž

Uno, H. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi "ŽPembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara."Ž




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i1.4170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS