Pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo terhadap Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam Siswa SMA ‎Negeri 1 Suwawa

Fadila Linggama, Astin Lukum, Mardjan Paputungan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Edmodo terhadap pemahaman konsep siswa pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik sampling purposive. Sampel penelitian untuk kelas ekperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes objektif sebagai instrumen yaitu tes berisi tentang materi hidrolisis garam. Tehnik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian adalah statistik uji-t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-tes kelas ekperimen dengan menggunakan aplikasi edmodo yaitu 79,73 sedangkan untuk kelas kontrol dengan menggunakan model pembeajaran discovery learning nilai rata-rata post-tes yaitu 55,46. Hasil analisis data untuk pemahaman konsep siswa menunjukan bahwa dalam taraf nyata 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel atau 20,06 > 1,67 dengan criteria pengujian terima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo terhadap pemahaman konsep siswa pada materi hidrolisis garam.

Keywords


Aplikasi Edmodo; Hidrolisis Garam

Full Text:

PDF

References


Ekawati, N. E. (2018). Application of Blended ‎Learning with Edmodo Application Based ‎on PDEODE Learning Strategy to Increase ‎Student Learning Achievement. Formatif: ‎Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1).‎

Fadloli, M., Kusuma, E., & Kasmui, K. (2019). ‎Pengembangan Model Pembelajaran ‎Blended Learning Berbasis Edmodo ‎Untuk Pembelajaran Kimia yang Efektif. ‎Chemistry in Education, 8(1), 7–12.‎

Kamayanthy, D. Y. (2020). Analisis ‎Pembelajaran Menggunakan Edmodo ‎pada Mata Pelajaran ‎Kewirausahaan ‎Kelas XII DPIB di SMKN 1 Majalengka ‎Tahun Ajaran 2020-‎‎2021‎ [Universitas ‎Pasundan]. ‎http://repository.unpas.ac.id/49443/‎

Kong, S. C., & Song, Y. (2014). The impact of ‎a principle-based pedagogical design on ‎inquiry-based learning in a seamless ‎learning environment in Hong Kong. ‎Journal of Educational Technology & ‎Society, 17(2), 127–141.‎

Muzyanah, S., Asmaningrum, H. P., & Buyang, ‎Y. (2018). Efektivitas Penggunaan Media ‎Edmodo Sebagai Penunjang Pembelajaran ‎Kimia. Musamus Journal of Science ‎Education, 1(1), 033–045. ‎https://doi.org/10.35724/mjose.v1i1.949‎

Rahmat, F. L. A., Suwatno, S., & Rasto, R. ‎‎(2018). Meningkatkan pemahaman ‎konsep siswa melalui teams games ‎tournament (TGT): Meta Analisis. SOSIO-‎DIDAKTIKA: Social Science Education ‎Journal, 1(1), 15–23.‎

Saricayir, H., Ay, S., Comek, A., Cansiz, G., & ‎Uce, M. (2016). Determining students’ ‎conceptual understanding level of ‎thermodynamics. Journal of Education ‎and Training Studies, 4(6), 69–79.‎

Suharsimi, A. (2009). Dasar-dasar evaluasi ‎pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.‎

Winarsih, S., & Priatmoko, S. (2019). Analisis ‎Pemahaman Konsep Menggunakan ‎Three-Tier Multiple Choice Test pada ‎Pembelajaran Hidrolisis Berbantuan ‎Metode Blended Learning Berbasis ‎Inkuiri Terbimbing. Chemistry in ‎Education, 8(2), 29–36.‎

Winkel, W. S., & Hastuti, S. (2004). Bimbingan ‎karir di institusi pendidikan. Jakarta: ‎Media Abadi.‎




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i2.7100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS