Pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo terhadap Pemahaman Konsep Hidrolisis Garam Siswa SMA ‎Negeri 1 Suwawa

Fadila Linggama, Astin Lukum, Mardjan Paputungan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Edmodo terhadap pemahaman konsep siswa pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik sampling purposive. Sampel penelitian untuk kelas ekperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes objektif sebagai instrumen yaitu tes berisi tentang materi hidrolisis garam. Tehnik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian adalah statistik uji-t. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-tes kelas ekperimen dengan menggunakan aplikasi edmodo yaitu 79,73 sedangkan untuk kelas kontrol dengan menggunakan model pembeajaran discovery learning nilai rata-rata post-tes yaitu 55,46. Hasil analisis data untuk pemahaman konsep siswa menunjukan bahwa dalam taraf nyata 0,05 diperoleh nilai thitung > ttabel atau 20,06 > 1,67 dengan criteria pengujian terima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo terhadap pemahaman konsep siswa pada materi hidrolisis garam.

Keywords


Aplikasi Edmodo; Hidrolisis Garam

Full Text:

PDF

References


Ekawati, N. E. (2018). Application of Blended "ŽLearning with Edmodo Application Based "Žon PDEODE Learning Strategy to Increase "ŽStudent Learning Achievement. Formatif: "ŽJurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1)."Ž

Fadloli, M., Kusuma, E., & Kasmui, K. (2019). "ŽPengembangan Model Pembelajaran "ŽBlended Learning Berbasis Edmodo "ŽUntuk Pembelajaran Kimia yang Efektif. "ŽChemistry in Education, 8(1), 7-12."Ž

Kamayanthy, D. Y. (2020). Analisis "ŽPembelajaran Menggunakan Edmodo "Žpada Mata Pelajaran "ŽKewirausahaan "ŽKelas XII DPIB di SMKN 1 Majalengka "ŽTahun Ajaran 2020-"Ž"Ž2021"Ž [Universitas "ŽPasundan]. "Žhttp://repository.unpas.ac.id/49443/"Ž

Kong, S. C., & Song, Y. (2014). The impact of "Ža principle-based pedagogical design on "Žinquiry-based learning in a seamless "Žlearning environment in Hong Kong. "ŽJournal of Educational Technology & "ŽSociety, 17(2), 127-141."Ž

Muzyanah, S., Asmaningrum, H. P., & Buyang, "ŽY. (2018). Efektivitas Penggunaan Media "ŽEdmodo Sebagai Penunjang Pembelajaran "ŽKimia. Musamus Journal of Science "ŽEducation, 1(1), 033-045. "Žhttps://doi.org/10.35724/mjose.v1i1.949"Ž

Rahmat, F. L. A., Suwatno, S., & Rasto, R. "Ž"Ž(2018). Meningkatkan pemahaman "Žkonsep siswa melalui teams games "Žtournament (TGT): Meta Analisis. SOSIO-"ŽDIDAKTIKA: Social Science Education "ŽJournal, 1(1), 15-23."Ž

Saricayir, H., Ay, S., Comek, A., Cansiz, G., & "ŽUce, M. (2016). Determining students' "Žconceptual understanding level of "Žthermodynamics. Journal of Education "Žand Training Studies, 4(6), 69-79."Ž

Suharsimi, A. (2009). Dasar-dasar evaluasi "Žpendidikan. Jakarta: Bumi Aksara."Ž

Winarsih, S., & Priatmoko, S. (2019). Analisis "ŽPemahaman Konsep Menggunakan "ŽThree-Tier Multiple Choice Test pada "ŽPembelajaran Hidrolisis Berbantuan "ŽMetode Blended Learning Berbasis "ŽInkuiri Terbimbing. Chemistry in "ŽEducation, 8(2), 29-36."Ž

Winkel, W. S., & Hastuti, S. (2004). Bimbingan "Žkarir di institusi pendidikan. Jakarta: "ŽMedia Abadi."Ž




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i2.7100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS