Diagnosa Miskonsepsi Siswa SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo ‎pada Materi Termokimia

Mangara Sihaloho, Sutra S Hadis, Ahmad Kadir Kilo, Akram La Kilo

Abstract


Tanpa disadari, setiap siswa senantiasa memiliki miskonsepsi pada materi kimia. Diganosa ‎miskonsepsi sejak dini sangat penting untuk menghentikan miskonsepsi agar tidak berpemngaruh ‎pada konsepsi beikutnya dan hasil belajar yang buru. Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk ‎mendiagnosa miskonsepsi siswa SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo pada materi termokimia dengan ‎cara tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat. Sebanyak 25 soal pilihan ganda tersebut telah valid ‎dan reliabel serta diujikan pada 65 siswa SMA tersebut. Hasil yang diperoleh bahwa jumlah siswa ‎yang mengalami miskonsepsi sangat rendah, rendah, dan sedang masing-masing adalah 60 (92%), ‎‎3 (5%), dan 2 (3%). Sementara, miskonsepsi dengan kategori tinggi dan sangat tinggi tidak ‎ditemukan. Indikator materi yang mengalami miskonsepsi banyak adalah soal tentang teori atau ‎konsep dibandingkan dengan perhitungan. Teori tersebut tentnag membedakan jenis reaksi ‎eksoterm dan endoterm dan membedakan macam-macam perubahan entalpi molar. Hal ini ‎mengindikasikan bahwa siswa lebih banyak menghafal daripada memahami materi termokimia. ‎Hasil diagnosa ini dapat dijadikan acuan untuk pembelajran termokimia agar guru dapat ‎menerapkan cara yang tepat dalam pembelajaran

Keywords


miskonsepsi; termokimia; tes diagnostik dua tingkat; SMA Telaga Gorontalo‎

Full Text:

PDF

References


Arsyad, M. A. M., Sihaloho, M., & La Kilo, A. "Ž"Ž(2016). Analisis miskonsepsi pada konsep "Žhidrolisis garam siswa kelas XI SMAN 1 "ŽTelaga. Jambura Journal of Educational "ŽChemistry, 11(2), 190-195."Ž

Bait, D. J., Duengo, S., & La Kilo, A. (2018). "ŽPengaruh model pembelajaran simayang "Žtipe II terhadap peningkatan kemampuan "Žrepresentasi kimia siswa kelas X pada "Žmateri larutan elektrolit dan nonelektrolit "Ždi SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. "ŽJambura Journal of Educational "ŽChemistry, 13(2), 157-163."Ž

Gonibala, A., Pikoli, M., & Kilo, A. La. (2019). "ŽValiditas perangkat pembelajaran materi "Žikatan kimia berbasis model pembelajaran "Žpemaknaan untuk melatihkan sensitivitas "Žmoral siswa SMA. Jambura Journal of "ŽEducational Chemistry, 1(1), 1-6. "Žhttps://doi.org/10.34312/jjec.v1i1.2067"Ž

Greenbowe, T., & Meltzer, D. (2003). Student "Žlearning of thermochemical concepts in the "Žcontext of solution calorimetry. "ŽInternational Journal of Science "ŽEducation, 25(7), 779-800."Ž

La Kilo, A. (2017). Solusi rumus derajat "Žkeasaman reaksi asam basa pada larutan "Žpenyangga dengan metode mol awal "Ž"Ž(rumus akram). PATEN, 8(1065)."Ž

Laliyo, L. A. R., Kau, M., La Kilo, J., & La "ŽKilo, A. (2020). Kemampuan siswa "Žmemecahkan masalah hukum-hukum "Ždasar kimia melalui pembelajaran inkuiri "Žterbimbing. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 8(1), "Ž"Ž1-8. https://doi.org/10.29406/ar-"Žr.v8i1.1875"Ž

Maksum, M. J., Sihaloho, M., & La Kilo, A. "Ž"Ž(2017). Analisis kemampuan pemahaman "Žsiswa pada konsep larutan penyangga "Žmenggunakan three tier multiple choice "Žtes. Jambura Journal of Educational "ŽChemistry, 12(1), 47-53."Ž

Monoarfa, Z. P., La Kilo, A., & Botutihe, D. N. "Ž"Ž(2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa "ŽKelas XI IPA 1 di SMA Negeri 3 "ŽGorontalo Utara pada Konsep Larutan "ŽPenyangga. Jambura Journal of "ŽEducational Chemistry, 12(2), 215-223."Ž

Nasrudin, H., & Suyono, M. I. (n.d.). "ŽPEMBELAJARAN TERMOKIMIA DENGAN "ŽMENGINTERKONEKSIKAN MULTIPEL "ŽREPRESENTASI UNTUK MEREDUKSI "ŽMISKONSEPSI LEARNING OF "ŽTHERMOCHEMISTRY BY CONNECTING "ŽTHE MUTIPLE REPRESENTATION FOR "ŽREDUCTION MISCONCEPTIONS."Ž

Rahayu, S. (2016). Peningkatan Keaktifan dan "ŽHasil Belajar Konsep Mol Menggunakan "ŽPapan Permainan Monopoli Sebagai "ŽPembelajaran Paikem. Jurnal Penelitian "ŽTindakan Kelas, 17(5)."Ž

Rumape, O., Christopel, N., La Kilo, J., & La "ŽKilo, A. (2020). PENERAPAN "ŽPEMBELAJARAN TEAMS GAMES "ŽTOURNAMENT (TGT) DILENGKAPI "ŽKARTU NAMA DARI TATA NAMA "ŽSENYAWA KIMIA UNTUK "ŽMENINGKATKAN HASIL BELAJAR "ŽSISWA. Jurnal Pendidikan Kimia "ŽIndonesia, 4(1)."Ž

Saleh, R., Lukum, A., & La Kilo, A. (2018). "ŽModel Pembelajaran Langsung Disertai "ŽHierarki Konsep Untuk Mereduksi "ŽMiskonsepsi siswa Pada Materi "ŽTermokimia DiKelas XI IPA SMA Negeri "Ž"Ž2 Kota Gorontalo TA 2016-2017. Skripsi, "Ž"Ž1(441412077)."Ž

Vosniadou, S. (1994). Capturing and modeling "Žthe process of conceptual change. "ŽLearning and Instruction, 4(1), 45-69."Ž




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v3i1.7133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS