Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Demonstrasi ‎Terhadap Pemahaman Konsep Reduksi Oksidasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri ‎‎1 Suwawa

Asna Uge, Astin Lukum, Opir Rumape

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan metode demonstrasi terhadap pemahaman Konsep reduksi oksidasi pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini merupakan penelitian True Experiment Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Suwawa dengan sampel penelitian berjumlah 54 siswa, untuk kelas eksperimen berjumlah 27 siswa dan kelas kontrol berjumlah 27 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan metode demonstrasi dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran discovery learning tanpa demonstrasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk tes pemahaman konsep siswa pada materi reduksi oksidasi. Analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian dengan taraf signifikan 5%. Nilai t hitung berdasarkan uji t adalah 4,42 yang lebih besar dari t tabel 1,67 pada dk= 52. yang berarti H0 ditolak atau menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan metode demonstrasi terhadap pemahaman konsep siswa.
Kata Kunci: Discovery Learning; Demonstrasi; Pemahaman Konsep; Reduksi Oksidasi.

Keywords


discovery learning, demonstrasi, pemahaman konsep, reduksi oksidasi

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S. B., & Zain, A. (2000). Eds Revisi: ‎Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka ‎Cipta.‎

Kartika, E. R., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. ‎‎(2017). Penerapan Discovery Learning ‎Dalam Meningkatkan Kemampuan ‎Berpikir Orisinil Materi Elektrolit/Non ‎Elektrolit. Jurnal Pendidikan Dan ‎Pembelajaran Kimia, 6(1), 62–73.‎

Laliyo, L. A. R. (2011). Model mental siswa ‎dalam memahami perubahan wujud zat. ‎Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 8(1), ‎‎1–12.‎

Saricayir, H., Ay, S., Comek, A., Cansiz, G., & ‎Uce, M. (2016). Determining Students’ ‎Conceptual Understanding Level of ‎Thermodynamics. Journal of Education ‎and Training Studies, 4(6), 69–79.‎

Sudijono, A. (2015). Pengantar evaluasi ‎pendidikan.‎

Sugiarti, A. A. S. (2012). Pengaruh Penerapan ‎Model Pembelajaran Kooperatif GI ‎terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan ‎‎Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa ‎SMAN 3 Denpasar‎. Jurnal Pendidikan ‎Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1).‎

Syah, M. (2000). Psikologi Belajar Mengajar. ‎Bumi Aksara.‎

Winkel, W. S. (1983). Psikologi Pendidikan dan ‎Evaluasi Belajar. PT Gramedia, Jakarta.‎




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i2.7181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS