Remediasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Asam dan Basa dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif di Kelas XII MIA MAN 1 Kota Gorontalo

Sriwanda Van Solang, Yuszda K Salimi, Masrid Pikoli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meremediasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan strategi konflik kognitif. Desain penelitian ini yaitu one group pretest posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 95 siswa yang terbagi dalam tiga kelas. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Tes pemahaman konsep yang diberikan berupa three-tier diagnostic test yang sudah di uji validatas dan relibilitas. Tes yang digunakan sudah dinyatakan valid oleh tim validator dengan kategori timggi (baik) realibilitas r = 0,88 (kategori tinggi) . Analisis data menggunakan uji Wilcoxon signed-rank test dengan taraf signifikasi α= 0,05 untuk melihat pergeeran miskonsepsi, uji Liliefors umuk menguji keterlaksanaan sintak. Penentuan kategori tingkat pemahaman siswa untuk mengidentifikasi konsepsi siswa digunakan pilihan ganda tiga tingkat (three- tier diagnostic test) yang dilengkapi dengan Certainty of Response Index (CRI). Certainty Of Response (CRI). Hasil uji Wilcoxon signed-rank test menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi α= 0,05 memberikan hasil pada ketiga kelas secara individu masing-masing berada pada nilai 0,000 dan secara klasikal berada pada nilai 0,002; 0,002 dan 0,002. Ini menunjukkan bahwa α -value yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, strategi konflik dapat mereduksi miskonsepsi siswa pada konsep larutan asam basa.

Keywords


Remediasi; Miskonsepsi; Strategi Konflik Kognitif; Larutan Asam Basa

Full Text:

PDF

References


Chiu, M. (2007). A national survey of ‎students’ conceptions of chemistry in ‎Taiwan. International Journal of Science ‎Education, 29(4), 421–452.‎

Effendy, E. (2009). Upaya untuk Mengatasi ‎Kesalahan Konsep dalam Pengajaran ‎Kimia dengan Menggunakan Strategi ‎Konflik Kognitif. Media Komunikasi ‎Kimia, 6(2).‎

Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. ‎‎(1999). Misconceptions and the certainty ‎of response index (CRI). Physics ‎Education, 34(5), 294–299.‎

Monita, F. A., & Suharto, B. (2016). ‎Identifikasi dan analisis miskonsepsi siswa ‎menggunakan three-tier multiple choice ‎diagnostic instrument pada konsep ‎kesetimbangan kimia. Quantum: Jurnal ‎Inovasi Pendidikan Sains, 7(1), 27–38.‎

Nazarudin, N., & Sukarmin. (2017). Penerapan ‎Pembelajaran dengan Strategi ‎Konflik ‎Kognitif untuk Mereduksi ‎Miskonsepsi ‎Siswa pada Materi pokok ‎Asam dan Basa ‎di Kelas XI MAN ‎Mojosari Kota ‎Mojokerto‎. UNESA Journal of Chemical ‎Education, 6(1).‎

Pikoli, M. (2014). Pengembangan Model ‎Pembelajaran Kimia Dengan ‎Menggunakan Strategi Konflik Kognitif ‎Untuk Meluruskan Kesalahan Konsep ‎Kimia Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia ‎UNG. Penelitian Berorientasi ‎Pengembangan Produk, 2(839).‎

Setyowati, A., & Subali, B. (2011). ‎Implementasi pendekatan konflik kognitif ‎dalam pembelajaran fisika untuk ‎menumbuhkan kemampuan berpikir kritis ‎siswa SMP kelas VIII. Jurnal Pendidikan ‎Fisika Indonesia, 7(2).‎

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian ‎Pendidikan pendekatan kuantitatif, ‎kualitatif, dan R & D. Alfabeta.‎

Sutrisno, L., & Kresnadi, K. (2007). ‎Pengembangan Pembelajaran IPA SD. ‎Pontianak: LPJJ PGSD.‎

Treagust, D. F., & Duit, R. (2009). Multiple ‎perspectives of conceptual change in ‎science and the challenges ahead. Journal ‎of Science and Mathematics Education in ‎Southeast Asia, 32(2), 89–104.‎




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i2.7196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS