Remediasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Asam dan Basa dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif di Kelas XII MIA MAN 1 Kota Gorontalo

Sriwanda Van Solang, Yuszda K Salimi, Masrid Pikoli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meremediasi miskonsepsi siswa dengan menggunakan strategi konflik kognitif. Desain penelitian ini yaitu one group pretest posttest. Sampel pada penelitian ini berjumlah 95 siswa yang terbagi dalam tiga kelas. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Tes pemahaman konsep yang diberikan berupa three-tier diagnostic test yang sudah di uji validatas dan relibilitas. Tes yang digunakan sudah dinyatakan valid oleh tim validator dengan kategori timggi (baik) realibilitas r = 0,88 (kategori tinggi) . Analisis data menggunakan uji Wilcoxon signed-rank test dengan taraf signifikasi α= 0,05 untuk melihat pergeeran miskonsepsi, uji Liliefors umuk menguji keterlaksanaan sintak. Penentuan kategori tingkat pemahaman siswa untuk mengidentifikasi konsepsi siswa digunakan pilihan ganda tiga tingkat (three- tier diagnostic test) yang dilengkapi dengan Certainty of Response Index (CRI). Certainty Of Response (CRI). Hasil uji Wilcoxon signed-rank test menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi α= 0,05 memberikan hasil pada ketiga kelas secara individu masing-masing berada pada nilai 0,000 dan secara klasikal berada pada nilai 0,002; 0,002 dan 0,002. Ini menunjukkan bahwa α -value yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, strategi konflik dapat mereduksi miskonsepsi siswa pada konsep larutan asam basa.

Keywords


Remediasi; Miskonsepsi; Strategi Konflik Kognitif; Larutan Asam Basa

Full Text:

PDF

References


Chiu, M. (2007). A national survey of "Žstudents' conceptions of chemistry in "ŽTaiwan. International Journal of Science "ŽEducation, 29(4), 421-452."Ž

Effendy, E. (2009). Upaya untuk Mengatasi "ŽKesalahan Konsep dalam Pengajaran "ŽKimia dengan Menggunakan Strategi "ŽKonflik Kognitif. Media Komunikasi "ŽKimia, 6(2)."Ž

Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. "Ž"Ž(1999). Misconceptions and the certainty "Žof response index (CRI). Physics "ŽEducation, 34(5), 294-299."Ž

Monita, F. A., & Suharto, B. (2016). "ŽIdentifikasi dan analisis miskonsepsi siswa "Žmenggunakan three-tier multiple choice "Ždiagnostic instrument pada konsep "Žkesetimbangan kimia. Quantum: Jurnal "ŽInovasi Pendidikan Sains, 7(1), 27-38."Ž

Nazarudin, N., & Sukarmin. (2017). Penerapan "ŽPembelajaran dengan Strategi "ŽKonflik "ŽKognitif untuk Mereduksi "ŽMiskonsepsi "ŽSiswa pada Materi pokok "ŽAsam dan Basa "Ždi Kelas XI MAN "ŽMojosari Kota "ŽMojokerto"Ž. UNESA Journal of Chemical "ŽEducation, 6(1)."Ž

Pikoli, M. (2014). Pengembangan Model "ŽPembelajaran Kimia Dengan "ŽMenggunakan Strategi Konflik Kognitif "ŽUntuk Meluruskan Kesalahan Konsep "ŽKimia Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia "ŽUNG. Penelitian Berorientasi "ŽPengembangan Produk, 2(839)."Ž

Setyowati, A., & Subali, B. (2011). "ŽImplementasi pendekatan konflik kognitif "Ždalam pembelajaran fisika untuk "Žmenumbuhkan kemampuan berpikir kritis "Žsiswa SMP kelas VIII. Jurnal Pendidikan "ŽFisika Indonesia, 7(2)."Ž

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian "ŽPendidikan pendekatan kuantitatif, "Žkualitatif, dan R & D. Alfabeta."Ž

Sutrisno, L., & Kresnadi, K. (2007). "ŽPengembangan Pembelajaran IPA SD. "ŽPontianak: LPJJ PGSD."Ž

Treagust, D. F., & Duit, R. (2009). Multiple "Žperspectives of conceptual change in "Žscience and the challenges ahead. Journal "Žof Science and Mathematics Education in "ŽSoutheast Asia, 32(2), 89-104."Ž




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i2.7196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS