Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Hasil Belajar Kimia pada Peserta Didik

Murtihapsari Murtihapsari, Fauziah Achmad, Christiana Niken Larasati, Radite Yogaswara

Abstract


Penggunaan model pembelajaran sangat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar dari peserta didik. Guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dalam menyajikan materi sehingga peserta didik merasa jenuh dan kurang memahami materi. Alternatif penggunaan pembelajaran model Problem Based Learning yang inovatif dan kreatif dapat meningkatkan minat belajar peserta didik di kelas. Metode ulasan ini merupakan kajian dari berbagai artikel yang telah terpublikasi nasional pada jurnal ilmiah terakreditasi. Beberapa literatur dikumpulkan yang terkait tema relevan tentang kajian proses pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning. Berdasarkan kriteria data yang diperlukan dalam ulasan ini, maka terdapat 24 (dua puluh empat) artikel yang sesuai dengan tema. Penggunaan model Problem Based Learning dalam proses pembelajaran diharapkan peserta didik dapat aktif, mampu tanggap dalam menyelesaikan masalah tekait materi pelajaran, kreatif dan mandiri dalam menjawab soal serta terjadi peningkatan dalam berfikir kritis.

Keywords


Pembelajaran; PBL; peserta didik; hasil belajar; berfikir kritis

Full Text:

PDF

References


Astuti, N. S. D., Priyayi, D. F., & Sastrodiharjo, S. (2021). Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 9(1), 1–9.

Durant, C., Pongoh, E. J., & Lumingkewas, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Struktur Atom di SMA Katolik Santa Rosa De Lima Tondano. Oxygenius Journ. Of Chem. Edu 1(1). 5-9.

Erni. (2018). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 594–605. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2925.

Hasibuan, P., M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CHEMICA: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 1(1), 35-42.

Herdiawan, H., & Langitasari, I. (2019). Penerapan PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kkreatif Siswa Pada Konsep Koloid. EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan, 4(1), 24–35. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4867

Herlina, H. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Hidrokarbon. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 7–13. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.7-13

Hia, E. D., S., P., Maulina, J., & Pohan, L., A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Handout Dan Modul Pada Materi Stoikiometri Larutan di SMA Nurul Amaliyah Deli Serdang. Jurnal CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 2(1).

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097 – 2107

Jayadiningrat, M., G. & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.

Lamalat, T., S., Supriadi, S., Nuryanti, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Model Palu. Jurnal Akademika Kim. 7(3): 102-106.

Manurung, H. M. (2021). Pengaruh Modul Kimia Umum Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada materi Stoikiometri. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 82–90.

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220

Nurhayati, Angraeni, L., & Wahyudi, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Edusains, 11(1), 12–20. https://doi.org/10.15408/es.v11i1.7464

Pandi, D. O., Yogaswara, R., & Murtihapsari, M. (2020). Kajian Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 105. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i2.8685

Pusparini, S. T, Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Koloid. ARTICLE. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 35–42. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/3067

Putri, S., I., Y,. V., Parubak, A. S., Gultom, N., & Murtihapsari, M. (2021). Penerapan Model PBL Berbasis Steam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 106–117.

Rozikin, S., Amir, H., Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia DI SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. ALOTROP, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2(1), 78-81.

Sarira, P. M., Priyayi, D. F., & Astuti, S. P. (2019). Hubungan Argumentasi Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1258

Silaban, R., Panggabean, F., T., M., Hutapea, F., M., Hutahaean, E., & Alexander, I., J (2020). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Dan Pendekatan Ilmiah Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Mengajar Ikatan Kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 69–76.

Utami, T. S., Santi, D., & Suparman, A. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pederta Didik Kelas XI SMK Negeri 02 Manokwari ( Studi Pada Materi Pokok Konsep Laju Reaksi ) Penerapan Model PBL berbasis STEAM Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol. 12, No. 1.

Windari, Okti, C., & Yanti, April, F. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(1), 61–70.

Zakia, R., Ibnu, K., & Safitri, R. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Melalui School Watching Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa di SMP Rizki. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 46–54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10745

Zakiyah, H., & Ulfa, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.14050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS