Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat Hasil Belajar Kimia pada Peserta Didik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti, N. S. D., Priyayi, D. F., & Sastrodiharjo, S. (2021). Perbandingan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 9(1), 1-9.
Durant, C., Pongoh, E. J., & Lumingkewas, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Struktur Atom di SMA Katolik Santa Rosa De Lima Tondano. Oxygenius Journ. Of Chem. Edu 1(1). 5-9.
Erni. (2018). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 594-605. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.2925.
Hasibuan, P., M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CHEMICA: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 1(1), 35-42.
Herdiawan, H., & Langitasari, I. (2019). Penerapan PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kkreatif Siswa Pada Konsep Koloid. EduChemia: Jurnal Kimia dan Pendidikan, 4(1), 24-35. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4867
Herlina, H. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Hidrokarbon. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 7-13. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.7-13
Hia, E. D., S., P., Maulina, J., & Pohan, L., A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Handout Dan Modul Pada Materi Stoikiometri Larutan di SMA Nurul Amaliyah Deli Serdang. Jurnal CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science, 2(1).
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097 - 2107
Jayadiningrat, M., G. & Ati, E. K. (2018). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.
Lamalat, T., S., Supriadi, S., Nuryanti, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Model Palu. Jurnal Akademika Kim. 7(3): 102-106.
Manurung, H. M. (2021). Pengaruh Modul Kimia Umum Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Konsep Mahasiswa Pada materi Stoikiometri. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 82-90.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63-74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342
Nuraini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369-379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220
Nurhayati, Angraeni, L., & Wahyudi, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Edusains, 11(1), 12-20. https://doi.org/10.15408/es.v11i1.7464
Pandi, D. O., Yogaswara, R., & Murtihapsari, M. (2020). Kajian Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2), 105. https://doi.org/10.20527/quantum.v11i2.8685
Pusparini, S. T, Feronika, T., & Bahriah, E. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Koloid. ARTICLE. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1), 35-42. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/3067
Putri, S., I., Y,. V., Parubak, A. S., Gultom, N., & Murtihapsari, M. (2021). Penerapan Model PBL Berbasis Steam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 106-117.
Rozikin, S., Amir, H., Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia DI SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. ALOTROP, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 2(1), 78-81.
Sarira, P. M., Priyayi, D. F., & Astuti, S. P. (2019). Hubungan Argumentasi Ilmiah Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 1-10. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1258
Silaban, R., Panggabean, F., T., M., Hutapea, F., M., Hutahaean, E., & Alexander, I., J (2020). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Dan Pendekatan Ilmiah Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Mengajar Ikatan Kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 69-76.
Utami, T. S., Santi, D., & Suparman, A. R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pederta Didik Kelas XI SMK Negeri 02 Manokwari ( Studi Pada Materi Pokok Konsep Laju Reaksi ) Penerapan Model PBL berbasis STEAM Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol. 12, No. 1.
Windari, Okti, C., & Yanti, April, F. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 9(1), 61-70.
Zakia, R., Ibnu, K., & Safitri, R. (2018). Pengaruh Problem Based Learning Melalui School Watching Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa di SMP Rizki. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 46-54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10745
Zakiyah, H., & Ulfa, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bahan Kimia Dalam Kehidupan Sehari-hari. Lantanida Journal, 5(2), 93-196.
DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.14050
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
![]() |
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo |
![]() |
E-mail: jjec@ung.ac.id |
![]() |
|
![]() |
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |