Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non-Elektrolit

Sriyanti S Said, Erni Mohamad, Masrid Pikoli, Mangara Sihaloho, Lukman A.R Laliyo, Netty Ino Ischak, Yuszda K. Salimi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit di SMA Negeri 1 Gorontalo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Responden penelitian ada 43 siswa kelas X IPA 1 di SMA Negeri 1 Gorontalo. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, pemberian tes dan dokumentasi. Data yang digunakan berupa data hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan 3 indikator yaitu indikator kefasihan (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (originality). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada indikator kefasihan (fluency) memperoleh nilai 69,37% (kategori baik), indikator keluwesan (flexibility) siswa mendapatkan nilai sebesar 61,53% (kategori baik), dan indikator kebaruan (originality) memperoleh nilai 56,58% (kategori cukup).

Keywords


berpikir kreatif; tes open-ended

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rhineka Cipta.

Ardiansyah, A. S., & Sunaringtyas, A. D. (2015). Identifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Tipe Multiple Solution Task. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1997, 462–473.

Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan proses pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP pada pembelajaran Biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1), 21-28.

Hikmah, N. (2015). Pengaruh penggunaan model pembelajaran dan konsep diri terhadap kemampuan berpikir kretif mahasiswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3).

Herdani, P. D., & Ratu, N. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open–Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 9-16. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.220

Gumilasari, Fatah, A. ., & Anggraeni, M. (2020). This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright Ⓒ FKIP Universitas Palangka Raya All Rights Reserved. 11(1), 209–215.

Jumi, W., Suleman, N., & Tangio, J. S. (2018). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Soal Tes Open Ended Problem Pada Materi Elektrokimia di SMA Negeri 1 Telaga. Jurnal Entropi, 13(1),35–43.

Nurfadilah, S., & Siswanto, J. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Konsep Polimer dengan Pendekatan STEAM Bermuatan ESD Siswa SMA Negeri 1 Bantarbolang. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 14(1), 45–51. https://doi. org/10 . 26877/mpp.v14i1.5543

Prastiti, T. D., Tresnaningsih, S., & Mairing, J. P. (2018). Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa siswa SMAN di Surabaya. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 83–94.

Rahmi, D. (2016). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI Menggunakan Soal Tes Open-Ended Problem Pada Materi Koloid Di SMA/MA Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1(4).

Rahmi, D., Rusman., & Erlidawati. (2015). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Menggunakan Soal Tes Open-Ended Problem Pada Materi Koloid. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 1(4), 60–69.

Riduwan. (2010). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan masyarakat (PUSAKA).

Sihaloho, M., Hadis, S. S., Kilo, A. K., & La Kilo, A. (2021). Diagnosa Miskonsepsi Siswa SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo‎ pada Materi Termokimia. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(1), 7-13.

Siswono, T. Y. E. (2011). Level Student's Creative Thinking in Clasroom. Academic Journal, 6(7): 548-553.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43-48.

Vendiktama, P. R., Irawati, M. H., & Suarsini, E. (2016). Keterampilan berpikir kreatif siswa SMAN 1 Krian tahun 2016. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM (pp. 809-814).

Widiastuti, A., & Indriana, A. F. (2019). Analisis Penerapan Pendekatan STEM untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(3), 403. https://doi.org/10.30 738/union.v7i3.5895




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.14491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS