Peningkatan Model Pembelajaran Cooperatif Scripting dengan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (1st ed., Vol. 1). Bumi Aksara.
Boleng, D. T. (2014). Pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dan Think- Pair-Share terhadap keterampilan berpikir kritis, sikap sosial, dan hasil belajar kognitif Biologi siswa SMA multietnis. Jurnal Pendi Dikan Sains, 2(2).
Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242
Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(20), 245–252. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/21426/12225
Harefa, D., Gee, E., Ndruru, M., Sarumaha, M., Ndraha, L. D. M., Ndruru, K., & Telaumbanua, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1). https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.6602
Hasim, F. Y., Popoi, I., & Ardiansyah, A. (2019). Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2), 51–60. https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2521
Istarani. (2021). 58 Model Pembelajaran Inovatif (1st ed., Vol. 1). Media Persada.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. In The Action Research Planner. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Khotimah, E. N., & Nuraida, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi Application of Cooperative Script Learning to Improve student Learning Outcomes in Science Biology Subjects. 15(1).
Kristaliningtyas, B., Utomo, S. B., & Yamtinah, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan dan Prestasi Belajar pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 2 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(2). https://doi.org/10.20961/jpkim.v7i2.25862
Manurung, S., Sijabat, A., Kusrini Sitinjak, E., Andreas Silitonga, T. H., Kunci, K., Eksperimen, M., & Belajar, K. (n.d.). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 030288 SIDIKALANG. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar (JP2NS), 1(1), 2021.
Nurkhaliza, G. N., Hamid, A., & Suharto, B. (2018). Meningkatkan berpikir kritis melalui model cooperative script dikolaborasi dengan model think pair share (TPS) berbantuan LKPD level representasi kimia materi larutan penyangga. Journal of Chemistry and Education (JCAE), 2(1), 1–10. http://fkg.jtam.unlam.ac.id/index.php/jcae/article/view/113
Purwanto, N. (2017). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. In PT Remaja Rosdakarya.
Putri, W. A., Meliza, W., & Astuti, Y. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas X Ipa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di Sma N 6 Muaro Jambi. Journal of Science Education and Practice, 4(1), 32–40. https://doi.org/10.33751/jsep.v4i1.2828
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. In AR-RUZZ MEDIA (Issue Yogyakarta).
Situmorang, A. S., & Gultom, S. P. (2018). Desain Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP UHN. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 24(2).
Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar (1st ed., Vol. 1). Sinar Baru Algensindo.
Suma, I. K., Suastra, I. W., Pascasarjana, P., & Ganesha, U. P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah. 3(3), 273–290.
Tarigan, E., & Br Gurusinga, E. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA SMP (Vol. 5, Issue 2). http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi
Yusuf, Q., Jusoh, Z., & Yusuf, Y. Q. (2019). Cooperative learning strategies to enhance writing skills among second language learners. International Journal of Instruction, 12(1), 1399–1412. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12189a
DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v4i2.15732
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo | |
E-mail: jjec@ung.ac.id | |
Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS |