Pengaruh Model Pembelajaran IKRAR Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Gorontalo pada Materi Larutan Penyangga

Risma Malakah, Mardjan Paputungan, Opir Rumape

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran IKRAR terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Gorontalo pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Desain. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yaitu sebanyak 15 siswa pada kelas eksperimen dan 15 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Pembelajaran IKRAR (Inisiasi, konstruksi-rekonstruksi, aplikasi, dan refleksi) sedangkan kelas kontrol menggunakan model Konvensional. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument dengan bentuk tes tulis yang digunakan adalah tipe essay yang berjumlah 10 soal. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari analisis data tersebut diperoleh thitung > ttabel pada taraf signifikan 0.10 dengan dk = 28, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran IKRAR terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga.

Keywords


Model Pembelajaran IKRAR; Hasil Belajar Siswa; Larutan Penyangga

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2006). ‎Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi ‎Aksara.‎

Desni, N. W., Sihaloho, M., & Pikoli, M. ‎‎(2019). Studi Komparasi Kemampuan ‎Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model ‎Pembelajaran Problem Based Learning dan ‎Discovery Learning Pada Materi Larutan ‎Penyangga di Kelas XI SMA Negeri 1 ‎Telaga. Jambura Journal of Educational ‎Chemistry, 1(2), 63–68.‎

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi belajar. ‎Jakarta: PT. Rineke Cipta.‎

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. ‎Bandung: Pustaka Setia.‎

Hanifah, N., Azmi, J., & Haryati, S. (2019). ‎Penerapan Model Pembelajaran IKRAR ‎‎(Inisiasi, Konstruksi-Rekonstruksi, ‎Aplikasi, Refleksi) untuk ‎Meningkatkan ‎Hasil Belajar Peserta Didik pada Pokok ‎Bahasan Kesetimbangan Kimia di Kelas XI ‎MIA ‎SMA Negeri 9 Pekanbaru. Jurnal ‎Online Mahasiswa, 6(1), 1–9.‎

Hidayah, N., Syahmani, S., & Iriani, R. (2014). ‎Penerapan Strategi Metakognitif dengan ‎Model Pembelajaran Ikrar untuk ‎Meningkatkan Hasil ‎Belajar pada Materi ‎Larutan Penyangga dan Hidrolisis Garam ‎Siswa Kelas XI-IPA SMA Darul Hijrah ‎‎Putri Martapura. Quantum: Jurnal Inovasi ‎Pendidikan Sains, 5(2).‎

Lidinillah, D. A. M. (2008). Strategi ‎pembelajaran pemecahan masalah di ‎Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, ‎‎10, 1–5.‎

Putri, R. M., Dhewy, R. C., & Kusumawati, I. B. ‎‎(2019). Pengaruh Model Pembelajaran ‎Inisiasi, Konstruksi- Rekonstruksi, ‎Aplikasi, Refleksi (IKRAR) terhadap Hasil ‎Belajar Siswa (STKIP PGRI Sidoarjo). ‎STKIP PGRI Sidoarjo. Retrieved from ‎https://repository.stkippgri-‎sidoarjo.ac.id/661/‎

Undang-Undang Republik Indonesia. Sistem ‎Pendidikan Nasional. , Pub. L. No. Nomor ‎‎20 Tahun 2003 (2003).‎




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i2.7194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

+6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606| e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS