Pengaruh Model Pembelajaran IKRAR Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Gorontalo pada Materi Larutan Penyangga

Risma Malakah, Mardjan Paputungan, Opir Rumape

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran IKRAR terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Gorontalo pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Desain. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yaitu sebanyak 15 siswa pada kelas eksperimen dan 15 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Pembelajaran IKRAR (Inisiasi, konstruksi-rekonstruksi, aplikasi, dan refleksi) sedangkan kelas kontrol menggunakan model Konvensional. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument dengan bentuk tes tulis yang digunakan adalah tipe essay yang berjumlah 10 soal. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari analisis data tersebut diperoleh thitung > ttabel pada taraf signifikan 0.10 dengan dk = 28, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran IKRAR terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga.

Keywords


Model Pembelajaran IKRAR; Hasil Belajar Siswa; Larutan Penyangga

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2006). "ŽPenelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi "ŽAksara."Ž

Desni, N. W., Sihaloho, M., & Pikoli, M. "Ž"Ž(2019). Studi Komparasi Kemampuan "ŽBerpikir Kritis Siswa Menggunakan Model "ŽPembelajaran Problem Based Learning dan "ŽDiscovery Learning Pada Materi Larutan "ŽPenyangga di Kelas XI SMA Negeri 1 "ŽTelaga. Jambura Journal of Educational "ŽChemistry, 1(2), 63-68."Ž

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi belajar. "ŽJakarta: PT. Rineke Cipta."Ž

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. "ŽBandung: Pustaka Setia."Ž

Hanifah, N., Azmi, J., & Haryati, S. (2019). "ŽPenerapan Model Pembelajaran IKRAR "Ž"Ž(Inisiasi, Konstruksi-Rekonstruksi, "ŽAplikasi, Refleksi) untuk "ŽMeningkatkan "ŽHasil Belajar Peserta Didik pada Pokok "ŽBahasan Kesetimbangan Kimia di Kelas XI "ŽMIA "ŽSMA Negeri 9 Pekanbaru. Jurnal "ŽOnline Mahasiswa, 6(1), 1-9."Ž

Hidayah, N., Syahmani, S., & Iriani, R. (2014). "ŽPenerapan Strategi Metakognitif dengan "ŽModel Pembelajaran Ikrar untuk "ŽMeningkatkan Hasil "ŽBelajar pada Materi "ŽLarutan Penyangga dan Hidrolisis Garam "ŽSiswa Kelas XI-IPA SMA Darul Hijrah "Ž"ŽPutri Martapura. Quantum: Jurnal Inovasi "ŽPendidikan Sains, 5(2)."Ž

Lidinillah, D. A. M. (2008). Strategi "Žpembelajaran pemecahan masalah di "ŽSekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, "Ž"Ž10, 1-5."Ž

Putri, R. M., Dhewy, R. C., & Kusumawati, I. B. "Ž"Ž(2019). Pengaruh Model Pembelajaran "ŽInisiasi, Konstruksi- Rekonstruksi, "ŽAplikasi, Refleksi (IKRAR) terhadap Hasil "ŽBelajar Siswa (STKIP PGRI Sidoarjo). "ŽSTKIP PGRI Sidoarjo. Retrieved from "Žhttps://repository.stkippgri-"Žsidoarjo.ac.id/661/"Ž

Undang-Undang Republik Indonesia. Sistem "ŽPendidikan Nasional. , Pub. L. No. Nomor "Ž"Ž20 Tahun 2003 (2003)."Ž




DOI: https://doi.org/10.34312/jjec.v2i2.7194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office


Department of Chemistry, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia

E-mail: jjec@ung.ac.id

http://wa.me/6285341773856 (Call/sms/wa)

Jambura Journal of Educational Chemistry (p-ISSN: 2655-7606 | e-ISSN: 2656-6427) by Department of Chemistry Universitas Negeri Gorontalo. This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS