Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Jambura Journal of Photosynthesa?

Go to Login Start New Submission

Need a Username/Password?

Go to Registration
 

Author Guidelines

AUTHOR GUIDELINES (PEDOMAN PENULISAN)

DOWNLOAD: Pedoman Penulisan (PDF)

Jambura Journal of Photosynthesa (JJP)merupakan media publikasi untuk tulisan asli (original) yang belum pernah diterbitkan di dalam jurnal ilmiah nasional atau internasional dan tidak dalam pertimbangan atau akan dipublikasikan pada media yang lain, serta berkaitan dengan pangan atau teknologi pangan secara luas.

1. Pedoman Umum

Naskah diketik menggunakan programMS. WordhurufTimes New Roman11.5 point (font 11.5), ukuran kertas A4 (21x29.5cm), Bingkai (frame) 3 cm dari semua sisi, spasi 1.5, maksimum 15 halaman termasuk tabel dan gambar serta diberi nomor halaman pada sudut bawah sebelah kanan. Tabel dan gambar diletakkan pada posisi yang tepat di dalam naskah. Pengiriman naskah dilakukan secara online melalui website JJFT dengan cara melakukan register terlebih dahulu. Alamat website adalah http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjft. Apabila mengalami kesulitan dalam mengunggah naskah secara online dapat menghubungi RedaksiJambura Journal of Food Technology(JJFT) melalui email:journalphotosynthesa@gmail.comatau indriati.husain@ung.ac.id

2. Susunan Naskah

Naskah disusun dalam urutan Judul (bahasa Indonesia dan Inggris), Penulis dan alamat instansinya, Abstrak (bahasa Inggris atau Indonesia beserta kata kunci), Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terima Kasih (opsional) dan Daftar Pustaka.

Judul

Judul menggambarkan subyek penelitian dengan ukuran huruf (font) 12, dicetak tebal (bold) dengan huruf kapital pada setiap awal kata, kecuali untuk kata depan dan kata sambung. Untuk naskah dalam Bahasa Indonesia harus disertai judul dalam Bahasa Inggris yang dicetak miring (italic). Judul dalam Bahasa Indonesia tidak lebih dari 14 kata dan dalam Bahasa Inggris tidak lebih dari 10 kata. Nama lengkap, nama lembaga afiliasi serta alamat para penulis, ditulis secara berurutan di bawah Judul. Tambahkan alamat email pada nama penulis untuk korespondensi.

Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan dan di dalamnya tidak terdapat kutipan pustaka. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dalam satu paragraf tidak lebih dari200kata. Kata kunci ditulis setelah Abstrakmaksimum 5 kata, masing-masing dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Kata kunci yang ditulis pertama merupakan kata kunci yang terpenting.

Naskah Utama

Penulisan sub judul (Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Ucapan Terima Kasih) menggunakan huruf kapital pada setiap awal kata, tanpa nomor, dicetak tebal dan posisi di tengah.

Pendahuluan menjelaskan alasan mengapa penelitian dilakukan, perumusan dan pemecahan masalah, status ilmiah (state of the art) penelitian-penelitian terdahulu serta tujuan dan hasil penelitian yang diharapkan.

Bahan dan Metode menjelaskan bagaimana penelitian dilakukan atau cara-cara untuk mencapai tujuan penelitian.

Hasil dan Pembahasan mencantumkan data yang diperoleh, analisis data, temuan-temuan yang spesifik serta perbandingannya dengan penelitian-penelitian terdahulu secara berurutan sesuai dengan urutan dalam tujuan. Hindari penyajian tabel dan gambar dari data yang sama.

Simpulan harus mengacu pada tujuan penelitian dan berisi simpulan hasil penelitian secara umum bukan mengulang abstrak.

Sub-sub judul ditulis dengan huruf kapital pada setiap awal kata, tanpa nomor, dicetak tebal dan posisi di sebelah kiri. Kata/kalimat dalam bahasa asing ditulis miring. Nama organisma harus diikuti dengan nama ilmiahnya secara lengkap pada pengungkapan pertama. Singkatan pertama kali ditulis di dalam kurung setelah kata-kata yang disingkatnya.

Simbol/notasi ditulis menggunakan huruf miring dan disertai keterangannya pada pengungkapan pertama. Persamaan diberi nomor urut yang dituliskan di belakang persamaan dan di dalam tanda kurung.

Tabel dan Gambar

Tabel dan Gambar ditulis dalam naskah pada posisi yang tepat. Di dalam naskah cantumkan nomor dan judul tabel pada paragraf dimana tabel tersebut akan ditempatkan.

Ucapan Terima Kasih (optional)

Berisikan ucapan terima kasih kepada pemberi dana atau sponsor, penyumbang bahan dan sarana penelitian. Nama dituliskan tanpa gelar.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka mencantumkan pustaka-pustaka bermutu (primer, mutakhir dan relevan) yang dirujuk saja. Pustaka diketik berdasarkan urutan alfabet dari nama akhir (nama keluarga) penulis pertama dan tahun. Apabila terdapat beberapa pustaka yang ditulis yang sama, tambahkan huruf a,b dan seterusnya di belakang tahun. Pustaka dari internet hanya boleh di lakukan bila berasal dari lembaga yang resmi.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.