STRATEGI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DESA BOTUBARANI MASA PANDEMI COVID-19

Usman Moonti, Erman I. Rahim, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Strategi pengembangan potensi kewirausahaan desa Botubarani masa pandemi covid-19 bertujuan untuk memberikan pemahaman wawasan tentang pendidikan kewirausahaan. Kegiatan pengabdian ini diharapkan bisa mendorong masyarakat untuk berwirausaha dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di Desa Botubarani. Masa pandemi covid-19 memberikan dampak pada masyarakat di berbagai sektor kehidupan termasuk pada sektor ekonomi. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan cara memberikan sosialisasi pada masyarakat untuk mengubah mindset pola pikir mereka sehingga tertarik berwirausaha dengan melakakan inovasi kewirausahaan untuk mengatasi keterbatasan akses selama masa pandemi Covid-19. Materi yang disampaikan terkait tentang stategi Pengembangan kewirausahaan pada masa pandemi Covid-19, Stategi pemasaran, dan jenis jenis kewirausahaan yang cocok di masa pandemi Covid-19. Hasil dari sosialisasi ini menumbuhkan keinginan yang sangat kuat dari masyarakat sehingga tergerak hatinya untuk merintis usaha secara mandiri dengan ketersediaan sumber daya yang dimiliki di Desa Botubarani. Hal ini juga akan berlanjut pada kegiatan pendampingan dan pelatihan inovasi kewirausahaan untuk lebih menggali potensi diri yang dimiliki oleh masyarakat di desa Botubarani.

Full Text:

PDF

References


Hasan, Ishak. 2015. “PSIKOMOTORIK TERHADAP KEPUTUSAN PILIHAN BERWIRAUSAHA MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN-2015 ( Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala )” 4 (7): 19–26.

Latifa, Nurul, Rosmala Dewi, and Fitriana. 2018. “Peran Wirausaha Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga (Studi Kasus Usaha Penjahit Perempuan Di Mukim Lhoknga).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 3 (2): 65–72.

Mutiarasari, Aisyah. 2018. “Peran Entrepreneur Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Dan Mengurangi Tingkat Pengangguran.” Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah 1 (2): 1–114. http://e-jurnal.stail.ac.id/index.php/dinar/article/download/83/90. Rahim, Abdul

Rahman, and Basri Basir. 2019. “Peran Kewirausahaan Dalam Membangun Ketahanan Ekonomi Bangsa.” Jurnal Economic Resource 1 (2): 130–35. https://doi.org/10.33096/jer.v1i2.160.

Suharyono. 2017. “Sikap Dan Perilaku Wirausahawan.” Jurnal Ekonomi MODERNISASI 10 (1): 38.

Suryadi, Dedy. 2018. “Peran Dan Strategi Perkembangan Kewirausahaan Dan Tantangannya Dalam Menghadapi Perekonomian Di Masa Yang Akan Datang,” 1–13. https://doi.org/10.31227/osf.io/8dkru.

Tejo Nurseto. 2010. “PENTINGNYA PROFESI WIRAUSAHA DI INDONESIA.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan 7 (April): 58–81.