MITIGASI BENCANA BERBASIS MODA MEDIA INTERAKTF (MMI) PADA MASYARAKAT DESA TUPA, KECAMATAN BULANGO UTARA, KABUPATEN BONE BOLANGO

Candra Cuga, Abdul Haris PanaI, Pupung Puspa Ardini, Yuli Adhani, Muhammad Sarlin, Sri Handayani, Sahrul Alfitrah

Abstract


Indonesia merupakan negara dengan potensi bencana alam sangat tinggi, khususnya untuk bencana gempa bumi, longsor, banjir, letusan gunung berapi, dan tsunami, karena posisi geografis negara ini terletak di pertemuan tiga lempeng/kerak bumi aktif. Edukasi bencana kepada anak-anak maupun masyarakat sejak dini merupakan salah satu langkah awal dalam membangun masyarakat sadar bencana, sehingga saat peristiwa alam tersebut terjadi, mereka tidak panik dan bingung karena sudah memiliki bekal dalam menghadapi bencana. Daerah Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo khususnya Desa Tupa Kecamatan Bulango Utara merupakan contoh dari banyak daerah di Provinsi Gorontalo yang rawan terhadap bencana banjir dan longsor. Kondisi topografi dan demografi Desa Tupa yang lebih rendah dari daerah sekitar kerap membuat air dari desa sebelah menggenang di desa Tupa. Sungai besar dengan tanggul yang rendah juga menyebabkan air dengan cepatnya menggenangi daerah permukiman hal tersebut membutuhkan solusi yang bersifat aktif dan partisipatif.
Metode Pelaksanaan kegiatan ini adalah berupa program mitigasi bencana alam melalui media edukatif interaktif terhadap masyarakat terutama pada lingkungan keluarga (anak-anak dan orang tua). Urgensi program mitigasi dilakukan agar masyarakat terhidar dan sigap terhadap bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi. Kegiatan ini bertujuan mengurangi resiko dan dampak dari bahaya bencana. Kegiatan tersebut akan dilakukan dalam kurun waktu tiga bulan yang meliputi 4 tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tahap publikasi.
Kegiatan pengabdian masyakarat yang dilaksanakan di desa Tupa Kecamatan Bulango Utara Kab. Bone Bolango berjalan dengan lancar dan sukses. Kerjasama antara tim kolaboratif dosen dan mahasiswa serta pemerintah Desa menjadi kunci keberhasilan program. Alhasil program ini memberikan dampak terhadap pemahaman dan sikap siswa serta masyakarat dalam mencegah terjadinya bencana alam serta cara yang dapat dilakukan saat terjadinya bencana tersebut. Melalui mode media interaktif yang dipadu dengan media role playing sangat sesuai dengam sasaran program yakni anak-anak bersama keluarga di rumah merupakan bagian dari keunggulan program ini. Metode role playing agar kelompok sasaran dapat memahami dengan baik materi dalam permainan. Moda interaktif dapat memberi pengalaman belajar, seperti kemampuan kerja sama, komunikatif, dan menginterpretasikan suatu kejadian. Selain itu moda belajar tersebut dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta sikap kelompok sasaran dalam kehidupan sosial serta interaksi dengan alam semesta.

Full Text:

PDF

References


Data Kampung KB BKKBN . go id. URL: https://kampungkb.bkkbn.go.id/profile/4196. Diakses pada tanggal 12 Februari 2021.

Haryono, N. D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif sebagai Media Pembelajaran IPS Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Tegalpanggung. BASIC EDUCATION, 4(17).

Ilsa, F. N., & Nurhafizah, N. (2020). Penggunaan Metode Bermain Peran dalam Pengembangan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1080-1090.

Kristin, F. (2018). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).

Maman. 2020. Banjir di Gorontalo Utara Meluas, di Monano Ini Penyebabnya. Hulondalo.id. URL: https://hulondalo.id/banjir-di-gorontalo-utara-meluas-di-monano-ini-penyebabnya/. Diakses tanggal 26 Maret 2020.

Portal Resmi Kabupaten Gorontalo Utara. 2020. Letak Georafis. URL: http://portal.gorutkab.go.id/letak-geografis.html. Diakses tanggal 26 Maret 2020.

Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. 2009. Karakteristik Fluks Karbondan Kesehatan DAS dari Aliran Sungai-Sungai Utama di Jawa. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Riadi, Muchlisin. 2019. Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing). URL: https://www.kajianpustaka.com/2019/05/model-pembelajaran-bermain-peran-role-playing.html Diakses pada tanggal 10 Maret 2021

Sapriya, (2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Bahan Ajar Cetak

Setiawan, Y. A., & Kom, S. (2017). Belajar Android Menyenangkan: Membuat Konten Media Pembelajaran Berbasis Android. Cipta Media Edukasi.

Suarsani, I. B. P., Lasmawan, W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Berbantuan Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar IPS Dan Motivasi Berprestasi Kelas V SDN Gugus II Laksamana Jembrana (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Yuliyanti, E. (2016). Perancangan Media Pembelajaran Sebagai Alat Bantu Pengajaran Pelajaran IPA Kelas III Pada SDN Sidomulyo 04 Mengenai Ciri-ciri Makhluk Hidup (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer Semarang).