PREFERENSI KONSUMEN DALAM MEMILIH TRAVELOKA SEBAGAI ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) DI GRAND Q HOTEL GORONTALO

Dwirahayu Rauf, Asminar Mokodongan, Lisna Bantulu

Abstract


 

Dalam perkembangannya di dunia perhotelan, Hotel Grand Q Gorontalo melakukan sebuah program strategi promosi sebagai sarana komunikasi yang paling utama untuk konsumen agar penjualan yang telah direncanakan oleh Hotel Grand Q Gorontalo dapat berlangsung dengan lancar dalam penjualan kamar. Berkembangnya teknologi dan informasi membuat perusahaan harus siap dengan penjualan online. Demikian juga dengan Hotel Grand Q Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen yang lebih memilih traveloka sebagai OTA di hotel Grand Q Gorontalo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Mengapa konsumen lebih memilih Traveloka sebagai situs pemesanan kamar di hotel Grand Q Gorontalo dan Manakah jenis Atribut produk yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian aplikasi traveloka pada konsumen yang pernah menginap di Grand Q Hotel Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, prosedur pengumpulan data yang diperoleh melalui pengumpulan angket/kuesioner, observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka, sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian bahwa atribut produk ( Merek, Desain Produk, Kualitas Produk dan Harga) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian voucher hotel melalui aplikasi traveloka di Hotel Grand Q. Atribut yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada voucher traveloka yaitu kualitas produk dengan kontribusi atau pilihan jawaban ya 78 responden.


Full Text:

PDF

References


Andi Mappiare, Psikologi Orang Dewasa Bagi Penyesuaian Dan Pendidikan, Surabaya, Usana Offsetprinting, 1994, h. 62.

Amalia, Surya dan Kristianingsih, Tatiana 2018, “Pengaruh Motivasi dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian GrabCar Pada Aplikasi Grab (Studi Pada Hijabers Community Malang)” Jurnal Aplikasi Bisnis. Politeknik Negeri Malang

Dikutip Dari Rifa’atul Machmudah, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah Di Bank Syariah, h. 24.

Hadi, Sutrisno., 2000, Metodologi Research, Jilid 1 dan 2, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta

Jaya,2020. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Anak Hebat Indonesia,Yogyakarta

Koentjaraningrat., 1991, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kotler.2002. Manajemen Pemasaran, Pearson Education Asia Pte.Ltd. dan PT Prenhallindo,Jakarta

Kotler, Philip. Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas. Jilid 2. Penerbit erlangga : Jakarta

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of marketing. United States : Pearson Education Inc.

Kotler, Philip, Amstrong, Gary. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi kedelapan. Jilid 1. Penerbit Erlangga : Jakarta

Lamb, Charles W. Hair, Joseph F. Mcdaniel, Carl 2001. Pemasaran buku 2. Edisi Pertama, Salemba Empat : Jakarta

Nurita Dkk,.2020. Bahasa Jepang Perhotelan : Effective Japanese For Hotel Staff, NILACAKRA, Anggota IKAPI (no. 023/BAI/2019) Jl. Raya Darmasaba-Lukluk,Bandung, Bali 80352

Poerwadaminta,W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia,Balai Pustaka, Jakarta, Edisi III, 2006, h. 769.34

Purwaningrum dan Syamsu.2021. Hospitality Industry, Insan Cendekia Mandiri, Sumatera Barat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.