PERKEMBANGAN KEDAI KOPI & MOCKTAIL MENJADI PELUANG USAHA UNTUK KALANGAN MUDA DI KOTA GORONTALO

Meilinda Lestari Modjo, Krishna Anugrah, Putri Femirawaty Ahmad

Abstract


Peluang usaha kedai kopi dan mocktail saat ini mejadi salah satu usaha yang memiliki prospek yang cukup baik. Produk yang ditawarkan oleh kedai-kedai kopi dan mocktail saat ini banyak menarik minat, sehingga pasar yang dimiliki bukan hanya oleh kalangan tertentu saja akan tetapi juga di minati oleh semua kalangan. Pembeli minuman kedai-kedai tersebut berasal dari kalangan pelajar hingga pekerja kantoran. Seperti kota lainnya kedai-kedai minuman ini juga tumbuh di Kota Gorontalo dengan cukup pesat terutama dikawasan tertentu di Kota Gorontalo. Kota Gorontalo sebagai pusat perekonomian di Provinsi Gorontalo dan juga terdapat beberapa Universitas yang besar yang letaknya tidak berjauhan antara satu dengan yang lainnya. Hasil penelitian menemukan bahwa usaha kedai kopi dan mocktail termasuk usaha mikro kecil dan menengah yang mana tidak memerlukan modal besar dalam membuatnya dan tidak diperlukan perijinan seperti usaha lain berskala besar. Hal ini menjadi minat pengusaha dalam bidang kedai minuman untuk berwirausaha, sehingga terus tumbuh dan berkembang. Kesimpulan yang didapat bahwa sebagian besar konsumen yang merupakan pencinta dan penikmat minuman kopi & mocktail adalah yang berusia muda antara 15 – 45 tahun, baik berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa maupun sebagai perkerja/karyawan, sehingga konsumen diusia ini menjadi target pasar utama dari jenis usaha kecil ini. Konsumen pada rentang usia ini merupakan konsumen yang aktif, dengan tingkat kesibukan yang cukup tinggi serta memiliki gaya hidup modern mengikuti trend masa kini, dan ketergantungan mereka pada produk minuman-minuman seperti ini pun cukup tinggi.


Full Text:

PDF

References


Amiek, Hamami. 2005. Pengetahuan Minuman dan Bar. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Budiarta, Kustoro. 2009. Pengantar Bisnis. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Riyani, Benedicta Prihatini Dwi. 2003. Kewirausahaan dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Grasindo. Jakarta.

Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan. Erlangga. Jakarta.

Humaizar. 2010. Manajemen Peluang Usaha. Dian Anugerah Perkasa. Bekasi.

Irfan Fahmi. 2017. Kewirausahaan – Teori, Kasus dan Solusi. Alfabeta. Bandung

Kusumayadi dan Sugiarto. 2009. Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan. PT. Gramedia. Jakarta

Saputra, E. 2008. Kopi. Harmoni. Yogyakarta.

Subagyo, Ahmad. 2008. Studi Kelayakan Teori dan Aplikasi. Gramedia. Jakarta.

Suryana. 2013. Kewirausahaan. Salemba Empat. Surabaya.

Takdir, Deddy dkk. 2015. Kewirausahaan. Wijana Mahadi Karya. Yogyakarta (e-book)

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Usaha Menengah.

Jurnal:

Bhara L.A.M., 2009. Pengaruh Pemberian Kopi Dosis Bertingkat Per Oral 30 Hari terhadap Gambaran Histology Hepar Tikus Wistar. Skripsi.

Fakultas Kedokteran. Universitas Diponegoro, Semarang. 15-17.

Diunduh pada tanggal 11 Mei 2020. http://eprints.undip.ac.id/14234/

Hafsah, M.J. 2015. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal Infokop. No. 25 Tahun 2015.

Harsojuwono, Bambang Admadi, dkk. 2017. Strategi Pengembangan Usaha Minuman Barjaz Tea di Barjaz Company. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. Vol. 5 No. 4. Desember 2017 : 41 – 50.

Ridwansyah. 2003. Pengolahan Kopi. [Jurnal]. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Diunduh pada tanggal 11 Mei 2020.

https://scholar.google.co.id/citations?user=Yyio4pgAAAAJ&hl=id

Said, Irwanti. 2017. Warung Kopi dan Gaya Hidup Modern. Jurnal Al-Khitabah, Vol. III, No.1. Juni 2017 : 33 – 47.

Sancoko, Aldo Hardi. 2015. Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Makanan dan Minuman Pada Depot Time To Eat Surabaya. Jurnal AGORA, Vol. 3 No. 1. Tahun 2015.

Trisna Liestianty dkk. 2016. Manfaat Hasil Belajar “Membuat Minuman Non Alkohol” Sebagai Kesiapan Menjadi Bartender Siswa SMKN 9 Bandung. Media Pendidikan, Gizi dan Kuliner. Vol. 5, No. 1, April 2016 ; 69

(Jurnal Tata Boga – FPTK UPI – Bandung).

Artikel:

Abraham Maslow. Hierarki Kebutuhan Maslow. Wikipedia.

Diakses pada tanggal 28 November 2020. Melalui

https://id.wikipedia.org/wiki/Hierarki_kebutuhan_Maslow

Hariyanto. 2020. Pengertian Peluang Usaha dan Contohnya, Buat Calon Pengusaha. Artikel AJAIB. Diunduh pada tanggal 2 November 2020 melalui ajaib.co.id/pengertian-peluang-usaha-dan-contohnya-buat-calon-pengusaha/.

Hendra Kusuma. 2020. Peluang Bisnis Yang Kinclong Buat 2021. Detik Finance.

Diakses pada tanggal 11 Desember 2020. Melalui

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5288005/sri-mulyani-bocorkan-peluang-bisnis-yang-kinclong-buat-2021?utm_source=copy_url&utm_campaign=detikcomsocmed&utm_medium=btn&utm_content=news

Ruziana. 2020. Mengelola Bisnis Minuman Pinggir Jalan Dengan Profesional. Artikel My Verandah. Diunduh pada tanggal 2 November 2020 melalui

unizara.com/2020/07/mengelola-bisnis-minuman-pinggir-jalan-dengan-profesional.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.