KETERSEDIAN NITROGEN DAN C-ORGANIK PUPUK KOMPOS ASAL KULIT PISANG GOROHO MELALUI OPTIMALISASI UJI KERJA KULTUR BAL

Desi Arisanti

Abstract


Kompos merupakan pupuk organik yang mudah dan murah dengan memanfaatkan limbah sisa bahan organik.  Kompos mempunyai sifat lama tersedia bagi tanah dan tumbuhan,namun bersifat aman bagi lingkungan. Karena bahan organik berupa kompos dapat memperbaiki sifat kimia, fisik dan biologi tanah. Pada penelitian ini memanfaatkan limbah kulit pisang goroho. Sebagai bioaktivator digunakan BAL dalam bentuk kultur kering. Penelitian ini menggunakan keragaman dosis kultur kering BAL yang terdiri dari 3 taraf  yaitu kontrol, 20%, 30%, dan  40% dari bobot bahan organik. Data yang dihasilkan kemudian dilakukan uji analisis kandungan ketersedian nitrogen dan C-Organik. Berdasarkan hasil peneliian di peroleh  ketersedian Nitrogen yang sesuai dengan standar SNI pupuk kompos, sedangkan untuk kadar C-Organiknya rata-rata belum sesuai dengan dengan standar SNI.


Full Text:

PDF 1 - 3

References


Andriany,Ahrudin,As’adi Abdullah. 2018. Pengaruh Jenis Bioaktivator Terhadap Laju Dekomposisi Serasah Daun Jati Di Wilayah Kampus UNHAS. 3(2);31-42

Badan Standarisasi Nasional SNI 19-7030-2004. Spesifikasi Kompos Dari Sampah Organik Domestik.

Arisanti dan Pade SW. Karakteristik Siat Fisika dan Kimia Takakura Composting Asal Kulit Pisang Goroho Melalui Uji Kerja Kultur Keing BAL. Jetch 2019(1);80-85.

Hardjowigeno,S. 2010. Ilmu Tanah. Akademika Pressindo: Jakarta.

Manuputty, M., Jacob A.,Johanis P (2018). Pengaruh Eectie Inoculant Promi Dan Em4 Terhadap Laju Dekomposisi Dan Kualitas Kompos Dari Sampah Kotaambon. Agrologia 1(2); 143-51.

Sriharti, Salim, T. 2008. Pemanfaatan Limbah Pisang Untuk Pembuatan Pupuk Kompos Menggunakan Kompos Rotary Drum. Prosidingseminar Nasional Bidang Teknik Kimia Dan Tekstil. Yogyakarta.

Miwan, M.2015. Optimasi pengomposan sampah kebun dengan variasi aerasi dan bioaktivator. Teknik Lingkungan 4(6):61-66.

Syaputra, A., Pato, U., & Rossi, E. (2015). Variasi penambahan sukrosa terhadap mutu cocoghurt menggunakan Enterococcus faecalis UP-11 yang diisolasi dari tempoyak. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Pertanian, 2(1), 1-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.