DESAIN MESIN MULTI PROSES PENGUPAS, PEMIPIL DAN PENGOLAH LIMBAH JAGUNG UNTUK PAKAN TERNAK

Zulzain Ilahude, Yunita Djamalu, Evi Sunarti Antu, Burhan Liputo

Abstract


Di Provinsi Gorontalo, komoditas tanaman pangan merupakan komoditas yang dominan dan dikembangkan secara intensif terutama tanaman jenis jagung. Mengamati kondisi potensi ketersediaan lahan dan komoditi tanaman jagung yang terus dikembangkan di daerah ini, tentu akan sangat membutuhkan teknologi praktis untuk membantu para petani dalam mengolah hasil panen komoditi jagung. Akan tetapi limbah jagung yang dihasilkan berupa kulit dan tongkol juga akan berdampak dan berpotensi meningkat. Berdasarkan kondisi ini, maka tim peneliti akan membuat rancangan sebuah sistem mesin dengan prinsip mekanik multi proses berupa fungsi pengupas, pemipil dan pengolah kulit dan tongkol jagung  menjadi pakan ternak sehingga lebih praktis membantu para petani jagung dan peternak. Dengan menerapkan karakteristik mekanik multi proses ini, maka pekerjaan yang membutuhkan beberapa kali tahapan pengolahan dapat dilakukan hanya dengan sekali tahapan.


Full Text:

PDF

References


Agrowindo. 2015. Mesin Pemipil Jagung. Diambil dari : http://www.agrowindo.com/mesin-pemipil-jagung-ppj03.html. (24 Januari 2017)

AgustianArie. 2013. Penanganan Pasca Panen Jagung. Diambil dari :http://arrieagustian.blogspot.co.id/2013/02/penanganan-pasca-panen-jagung.html. (23Januari 2017).

BKPPIJ (Badan Ketahanan Pangan dan Pusat Informasi Jagung). 2014. Potensi Pertanian Jagung. Bone Bolango.

BSN (Badan Standarisasi Nasional) . 2017. Detail SNI. Diambil dari : http://sisni.bsn.go.id/index.php/sni_main/sni/detail_sni/7768. (24 januari 2017).

Maksindo, 2017. Mesin pengupas kulit jagung. Diambil dari : http://www.tokomesin.com/mesin-pengupas-kulit-jagung-corn-peeling.html. (22 Januari 2017).

Purwonodan R. Hartono., 2006. Bertanam Jagung Unggul. PenebarSawadaya. Jakarta.

Purwono dan Hartono. 2002. Bertanam Jagung. Kanisius, Jakarta. Roger S. Pressman, 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu), ANDI Yogyakarta.

Saleh, YRS. 2014. BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Klasifikasi dan Morfologi Jagung. Diambil dari : https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwji8KWS09TRAhVFwI8KHbbMCDkQFgggMAE&url=http%3A%2F%2Feprints.ung.ac.id. (22 Januari 2017).

Kubota. 2017. Mesin pemipil Jagung. Diambil dari : http://ptkubota.co.id/products/mesin-pemipil-jagung-corn-sheller/

(28 Agustus 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.