ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KERJA KARYAWAN (Studi Kasus : Unit Proses PT. Hardaya Inti Plantations)

Trifandi Lasalewo

Abstract


Kepuasan kerja merupakan indikator penting untuk menjaga loyalitas karyawan. Adanya kepuasan karyawan dapat memberikan kenyamanan dan memberikan pengaruh positif dalam menjalankan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan kerja karyawan, serta mengetahui aspek-aspek kepuasan kerja apa yang teridentifikasi belum optimal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan dengan instrumen penelitian berupa kusioner. Subjek penelitian ini adalah karyawan unit proses PT. Hardaya Inti Plantations dengan jumlah 30 orang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil analisis tingkat kepuasan kerja menyatakan bahwa terdapat 1 karyawan (3%) yang memiliki kepuasan sangat tinggi, terdapat 10 karyawan (33%) yang memiliki kepuasan tinggi, terdapat 10 karyawan (33%) yang memiliki kepuasan sedang, terdapat 7 karyawan (23%) yang memiliki kepuasan rendah dan terdapat 2 karyawan (7%) yang memiliki kepuasan sangat rendah. Selain itu, terdapat item kepuasan kerja yang teridentifikasi belum optimal dimana 14 item pernyataan yang tergolong pada kategori tinggi, 12 item pernyataan yang tergolong pada kategori sedang, 7 item pernyataan yang tergolong pada kategori rendah dan 3 item pernyataan yang tergolong pada kategori sangat rendah.


Full Text:

PDF

References


Akuba, Zunaid, Trifandi Lasalewo, and Stella Junus. 2019. “Analisis Beban Kerja Untuk Menentukan Jumlah Pegawai Optimal Dengan Metode Work Load Analysis (Studi Kasus: Tenaga Penunjang Akademik Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo).” Seminar Nasional Teknologi 2019(November):300–308.

Ciputra, Albalenta. 2015. “Kampus III Universitas Sanata Dharma Kampus III Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Tahun 2015.”

Robbins, Stephen. P., and Judge A. Timothy. 1375. Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education.

Sujati, Yosep Guntur Gathut. 2018. “Kepuasan Kerja : Arti Penting, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dan Implikasinya Bagi Organisasi.” Jurnal Pendidikan Ekonomi 1–60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.