STUDI NILAI KALOR BRIKET BIOARANG DARI LIMBAH RUMAH TANGGA SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF

salma kune, Jumiati Ilham, Ervan Hasan Harun

Abstract


Penelitian ini tentang studi nilai kalor briket bioarang dari limbah rumah tangga sebagai sumber energi alternatif, yang bertujuan untuk mengetahui nilai kadar air, nilai kalor, laju pembakaran, dan energi listrik yang dihasilkan dari briket bioarang limbah rumah tangga. Penilitian yang dilakukan ini menggunakan metode eksperimen. Eksperimen yang dilakukan adalah membuat briket bioarang menggunakan bahan limbah rumah tangga (kulit pisang, kulit durian dan ampas kelapa), dengan 7 variasi sampel yaitu, briket kulit pisang, briket kulit durian, briket ampas kelapa, briket campuran kulit pisang dan kulit durian, briket campuran kulit pisang dan ampas kelapa, briket campuran kulit durian dan ampas kelapa, dan briket campuran tiga limbah. Selanjutnya dilakukan analisis untuk mengetahui apakah nilai briket sesuai atau tidak dengan standar Nasional (SNI 01-6235-2000). Hasil penelitian ke-7 sampel briket bioarang dari limbah rumah tangga didapatkan kualitas yang baik pada briket campuran kulit durian dan ampas kelapa dengan nilai kadar air 11%; nilai kalor 126,72 kal/gram; laju pembakaran 0.69 gram/menit; dan energi yang dihasilkan 0.147 kWh/kg. Kesimpulan dari penelitian ini, nilai kadar air dan nilai kalor belum memenuhi standar mutu briket berdasarkan SNI 01-6235-2000.

 

Kata kunci : Briket, Limbah Rumah Tangga, Nilai Kalor, Konversi nilai kalor Ke kWh.


Full Text:

PDF

References


Almu, M. A., Syahrul, & Padang, Y. A. (2014). Analisa Nilai Kalor Dan Laju Pembakaran Pada Briket Campuran Biji Nyamplung (Calophyllm Inophyllum) Dan Abu Sekam Padi. Dinamika Teknik Mesin, 117-122.

ESDM, K. (2016). Jurnal Energi Media Komunikasi Kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral. Edisi 02.

Ignatius et al. 2010. Upaya Penerapan Teknologi Pengolahan Arang Tempurung Kelapa untuk Meningkatkan Nilai Tambah Petani Di Kecamatan Sei Raya Kabupaten Bengkayang. Jurnal IPREKAS- Ilmu Pengetahuan dan Rekayasa.

Setiawan, A. (2007). Memanfaatkan Kotoran Ternak, Solusi Masalah Lingkungan Dan Pemanfaatan Energi Alternatif. Depok.

Seuselu, K. (2020). Studi Potensi Limbah Padat Kelapa Sawit Sebagai Pembangkit Listrik Biomassa Di PT. Kurnia Luwuk Sejati. Skripsi, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.

SNI 01-6235-2000 . (n.d.). Briket Arang Kayu.

Sucipto, D. (2012). Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Yogyakarta: Gosyen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.