UNSUR-UNSUR DESAIN MOTIF KARAWO DI DESA PILOHAYANGA GORONTALO

hariana hariana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep desain sulaman  karawo Kembang Indah di Desa Pilohayanga  Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Desain motif pada bahan tekstil yang akan disulam karawo berperan penting dalam mewujudkan produk yag bernilai estetika. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan latar belakang desain motif karawo di Desa Pilohayanga. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemilihan motif sulaman karawo bercorak tumbuhan atau motif bunga.  Motif-motif tersebut merupakan desain-desain yang memang sudah menjadi koleksi dari usaha Kembang Indah. Desain motif karawo kembang Indah pada umumnya menjadi pilihan konsumen dalam waktu satu tahun. Apabila terdapat motif yang tidak lagi menjadi pilihan konsumen dalam waktu beberapa bulan, maka kembali membuat desain baru atau memodifikasi desain yang sudah ada sebelumnya.  Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya terkait dengan pengembangan motif sulaman karawo di Desa Pilohayanga.

Full Text:

PDF

References


Hariana. (2012). Analisa Proses Produksi Sulaman Kerawang Khas Gorontalo. "Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi UKG”, 7, 80–86.

Lagalo, A. (2018). Kerajinan Sulaman Karawo Sebagai Daya Tarik Wisata Minat Khusus Di Provinsi Gorontalo (Kasus Sentra Kerajinan Sulaman Karawo). Tulisan Ilmiah Pariwisata, 1(2), 75–90.

Marlianti, M., & Handayani, W. (2017). Klasifikasi Teknik Stitching Sulaman Sebagai Surface Design Tekstil. ATRAT: Visual Art & Design Journal, 5(1), 1–10.

Rahmatiah. (2017). Sulam Karawo: Konstruksi Identitas Budaya Gorontalo. Ideas Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 03(01), 9–18.

Hariana & Harun, Dita. (2021). Analisis Desain Motif Karawo Di Desa Pilohayanga, Kecamatan Telaga, Kaupaten Gorontalo. Laporan Penelitian PNBP. Universitas Neneri Gorontalo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.