MAINTENANCE MESIN ‘’ROLL GILINGAN TEBU TIPE 01” DI PT. PABRIK GULA TOLANGOHULA GORONTALO

Moh. Rifaldi Abdullah, Trifandi Lasalewo, Buyung Rahmad Machmoed

Abstract


Reliability Centered Maintenance (RCM) merupakan strategi perawatan dengan cara memberikan metode terstruktur dan sistematis untuk mengalisis kegagalan dari suatu aset . Metode RCM bersifat continuous dan on going artinya, proses ini bisa dilakukan secara repetitif untuk mendapatkan keakuratan data mesin secara lebih akurat. Penelitian ini bertujuan mengetahui interval waktu pergantian komponen yang sering mengalami kerusakan. Metodologi yang digunakan adalah penelitian deskriptif dimana pengumpulan data di dapatkan dari penelitian lapangan yang berupa wawancara dan pengamatan langsung. Pada analisis data yang dilakukan pengumpulan data kerusakan mesin roll gilingan tebu dari processing pada periode Mei sampai Agustus 2021, kemudian dilakukan perhitungan pada nilai dampak yang ditimbulkan terdapat 21 downtime kerusakan komponen. Didapatkan nilai RPN tertinggi pada komponen Scrappper Atas, Amplas Plat dan Roll Atas dengan nilai RPN 360,329 dan 294. Setelah hasil perhitungan FMEA selanjutnya akan dilakukan perhitungan waktu kerusakan (TTF) dan perhitungan waktu perbaikan kerusakan (TTR). Perhitungan TTR sama dengan lama gangguan (downtime) karena perusahan memiliki jam kerja 24 jam. Antara tanggal 14 Mei sampai dengan 20 Mei 2021 banyak hari kerja 6 hari maka perhitungan TTF 6 hari x 24 jam kerja sama dengan 144 jam. Hasil perhitungan index of fit TTF terbesar yaitu distribusi weibull sebesar 0,261 dan index of fit TTR terbesar yaitu normal sebesar -0,293. Interval waktu pemeriksaan komponen berdasarkan waktu produksi rata-rata jam kerja perbulan sama dengan 240 jam, jumlah kerusakan selama 1 tahun sama dengan 2 kali, waktu rata-rata perbaikan 0,25224, waktu rata-rata pemeriksaan 1 kali sama dengan 4 jam, rata-rata kerusakan per 1 tahun sama dengan 0,167 frekuensi pemeriksaan optimal sama dengan 32,946 interval waktu pemeriksaan sama dengan 33 hari

Full Text:

PDF

References


Al Arif, M. Nur Rianto dan Dr. Euis Amalia, Teori Mikro ekonomi : Suatu perbandingan

Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Huda, S. (2016). Analisis Perawatan Mesin Produksi dan Penyebab Kegagalan Mesin dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) dan Fault Trees Analysis (FTA).

Isnen, F. M., Rachmat, A., & Koswara, E. (2018).

ANALISIS MESIN ROLL GILINGAN

TEBU PT. PABRIK GULA RAJAWALI II UNIT PG JATITUJUH. PROCEEDING

STIMA, 1(1), 1.

Lasalewo, T., & Suwikarsa, I. W. (2020). Perawatan

Mesin Seamer Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) di PT. Sinar Pure Foods International. In SemanTECH (Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora) (Vol. 2, No. 1, pp. 94-100).

Muttaqin, A. Z., & Kusuma, Y. A. (2018). Analisis Failure Mode And Effect Analysis Proyek X Di Kota Madiun. JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen

Industri, 1(2), 81-96.

Nugroho, G., Fawwaz, M. D., Soedjono, D. M., & Sarsetiyanto, J. (2021). Implementasi Metode Reliability Centered Maintenance pada Mesin Gilingan di PG.

Kremboong. Jurnal Nasional Aplikasi Mekatronika, Otomasi dan Robot Industri (AMORI), 2(1).

Prasetya, D., & Ardhyani, I. W. (2018). Perencanaan pemeliharaan mesin produksi dengan menggunakan metode reliability centered maintenance (RCM)(studi kasus: PT. S). JISO: Journal of Industrial and Systems Optimization, 1(1), 7-14.

Prasetyo, C. P. (2017). Evaluasi Manajemen Perawatan dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) II pada Mesin Cane Cutter 1 dan 2 di Stasiun

Gilingan PG Meritjan-

Kediri. Rekayasa, 10(2), 99-107.

Susanto, A. D., & Azwir, H. H. (2018). Perencanaan Perawatan Pada Unit Kompresor Tipe Screw Dengan Metode RCM di Industri Otomotif. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 17(1), 21-35.

Suprianto, E. (2011). PENENTUAN INTERVAL

WAKTU PERAWATAN FORKILFT SCAGLIA BERDASARKAN DATA

LAJU KERUSAKAN MESIN DI PT.”X”. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 1(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.